7 Cara Mengatasi Flek Hitam yang Semakin Membandel

Flek Hitam

Cara Mengatasi Flek Hitam – Masalah wajah yang satu ini memang sangat menyebalkan. Aku pernah memilikinya. Meski nggak menyakitkan dan masih sangat tipis, tetap saja membuat kepercayaan diri terasa berkurang. Kita jadi merasa nggak cantik lagi. Hehehe…

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Penyebab Flek Hitam

Ada beberapa penyebab flek hitam di wajah dan solusinya.

Pada kasusku, aku memilikinya karena salah mengenakan skincare. Cream yang katanya bisa mencerahkan malah kadang menimbulkan masalah baru jika nggak cocok dengan kulit kita. Makanya, kita harus benar-benar memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit.

Selain itu, hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh bekas jerawat, efek paparan sinar matahari yang berlebihan, perubahan hormon dan genetik.

Seperti pada mamaku, beliau mendapatkan flek hitam karena selalu terpapar sinar matahari. Maklum, beliau bekerja di gudang ikan dimana pekerjaannya selalu menjemur ikan. Beberapa kali beliau membeli obat flek hitam di apotik. Tapi hasilnya nggak memuaskan.

Lalu, aku mencari informasi mengenai skincare untuk menghilangkan flek hitam. Memang benar. Ada banyak sekali produk tersebut. Namun, harganya yang nggak bersahabat.

Related Post

Lalu bagaimana caraku mengatasinya?

7 Cara Mengatasi Flek Hitam dengan Alami

Ternyata kita bisa mengatasi flek hitam dengan cara alami. Berikut kami mengumpulkannya dari berbagai sumber. Diantaranya:

1. Eksfoliasi dengan Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain dimana enzim ini memiliki banyak manfaat untuk masalah kulit. Kita juga bisa menggunakan pepaya sebagai anti-aging.

Enzim papain biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun pepaya. Dan sabun ini mampu mengatasi bercak-bercak gelap akibat hiperpigmentasi serta meratakan warna kulit yang belang.

Selain itu, sabun pepaya juga mampu mencegah timbulnya jerawat. Sehingga flek hitam bekas jerawat pun menghilang.

Kita bisa menghaluskan pepaya yang sudah matang dan mengaplikasikannya sebagai masker wajah. Lalu mendiamkan beberapa saat.

Setelah itu, kita bisa memberikan pijatan melingkar pada wajah untuk memberikan gesekan lembut pada kulit. Baru kemudian kita membilasnya dengan air hangat.

Related Post

2. Menggunakan Masker Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan dan zat yang dapat mencerahkan kulit. Jika kita menggunakannya secara rutin, maka flek hitam di wajah akan memudar.

Cara Mengatasi Flek Hitam dengan Kunyit
Source: freepik.com

Cara membuat masker kunyit adalah sebagai berikut:

  1. Kita mencampurkan setengah sendok makan bubuk kunyik dan 1 sendok makan madu.
  2. Setelah itu, kita mengaduk campuran kedua bahan tadi hingga menjadi masker pasta yang kental.
  3. Mengoleskan masker kunyit pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan.
  4. Mendiamkan masker selama 15-20 menit baru kemudian kita bisa membilas wajah dengan air dingin.

3. Mengoleskan Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang menghasilkan asam laktat, kalsium, seng dan vitamin B. Kandungan baik tersebut mampu mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit. Sehingga kulit wajah bebas dari flek hitam dan semakin sehat.

Kita bisa menggunakan yoghurt sebagai bahan alami tunggal untuk masker wajah. Atau menggunakan kombinasi yoghurt dan jus lemon.

Kedua cara itu mampu menghilangkan flek hitam membandel di wajah. Selain itu, mengenakan masker yoghurt juga dapat mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, menghilangkan jerawat dan kerutan di sekitar wajah.

4. Mengonsumsi Tomat

Cara mengatasi flek hitam yang lain adalah dengan mengonsumsi tomat. Dimana tomat merupakan sayuran buah yang kaya akan likopen. Sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan perawatan kulit.

Sayuran Buah Tomat
Source: freepik.com

Dengan mengonsumsi tomat, kita akan memberikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, kita juga bisa menggunakan sayuran buah ini sebagai masker tomat.

5. Mengoleskan Madu

Ternyata madu nggak hanya manis dan menyehatkan. Kita juga bisa menggunakan madu sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam lho. Kok bisa sih?

Apakah teman-teman sudah mengetahui? Bahwa madu mengandung sifat penyembuh alami berupa enzim, antioksidan dan anti bakteri.

Semua kandungan itu ternyata dapat membantu untuk membersihkan kulit. Selain itu, kita juga bisa menjadikan madu sebagai pelembab alami yang sangat bagus.

Manfaat lain dari madu adalah menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya, kita hanya perlu mengoleskan madu setelah membersihkan wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kita juga bisa memberikan pijatan ringan pada wajah sebelum madu mengering. Hal ini agar madu semakin cepat meresap pada kulit. Setelah kering, bilas wajah dengan air dingin.

6. Melembapkan dengan Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai segudang manfaat. Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan, enzim, vitamin A dan C serta anti-inflamasi. Kita bisa menggunakannya untuk perawatan rambut dan skincare.

Lidah Buaya
Source: Freepik.com

Ketika kita memiliki masalah flek hitam, maka kita bisa mengatasinya dengan lidah buaya. Seperti yang kulakukan. Apalagi saat ini ada produk dari lidah buaya. Sehingga kita nggak perlu merasa kerepotan untuk mengambil lendirnya.

Kita bisa mengoleskan gel lidah buaya pada wajah secara teratur. Maka flek hitam di wajah akan memudah secara perlahan.

7. Mengoleskan Lemon

Zat asam pada lemon berperan sebagai pencerah alami. Kita bisa mengoleskan air lemon pada flek hitam secara teratur dua kali sehari. Maka lama kelamaan flek hitam akan memudar.

Namun, kita harus memperhatikan kondisi kulit kita. Nggak semua orang tahan terhadap air lemon. Apalagi bagi orang yang memiliki kulit yang sensitif. Sehingga, sebelum menggunakannya pada flek hitam akan lebih baik jika kita mencobanya pada bagian kulit yang lain.

Kesimpulan

Flek hitam memang nggak menyakitkan. Tapi memilikinya akan meruntuhkan rasa percaya diri kita. Sehingga, kita harus memikirkan bagaimana cara mengatasi flek hitam tersebut. Kita bisa menggunakan salah satu dari ketujuh cara di atas lho Girls. Selamat mencoba! Cemiau…

Related Post

12 Comments

  1. Ternyata menggunakan bahan yg sangat mudah kita temukan di dapur bisa menjadi solusi masalah flek hitam ya mbak. Nih artikel bakal aku share ke temenku nih, dr kmrn bingung karena di wajahnya muncul flek hitam

  2. Aku flek hitam vekas jerawat dan kena matahari. Duh… Susah banget ngilanginnya udah bertahun-tahun.

    Makasih tips-nya ya Mbak… Bahan-bahannya mudah didapat semua 😍 sebagian ada di dapur tinggal eksekusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.