4 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Journal-yuni.com – Setiap anak memiliki batas kemampuannya masing-masing. Begitu juga urusan daya ingatnya. Nggak bisa dipukul rata semua.

Ada yang bisa mengingat dengan cepat. Ibaratnya dalam sekali lihat, dia bisa mengingat hingga detail terkecilnya.

Namun, ada yang daya ingatnya sedikit lebih lamban. Dimana mereka harus membaca berulangkali untuk mengingat atau memahami pelajaran. Dan hal itu bukanlah sesuatu yang buruk kok.

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Salah satu website kesehatan menyebutkan bahwa daya ingat merupakan kemampuan untuk menyimpan, mengolah dan memunculkan kembali informasi yang sudah terserap oleh otak. Dimana informasi ini akan tersimpan pada elemen yang dihasilkan otak bernama neutron.

Kemampuan ini bisa meningkat jika orang tua mengasahnya dengan tepat. Adapun cara meningkatkan daya ingat anak adalah sebagai berikut:

#1 Bercerita Bersama

Pertama, ibu bisa mengajak anak bercerita bersama agar daya ingatnya meningkat. Mungkin sebelum tidur atau saat senggang, ibu bisa membacakan buku cerita. Lalu meminta mereka untuk menceritakan kembali apa yang sudah didengarkan.

Related Post

Pada saat itu, ibu bisa mengajak anak kembali mengingat detail cerita seperti nama tokoh, lokasi dan lain sebagainya. Dengan demikian, anak akan mulai terbiasa untuk mengingat sesuatu.

#2 Mengajak Anak Bernyanyi

Tahu nggak sih? Ternyata musik bisa menstimulasi perkembangan otak lho. Tentu ini bisa berpengaruh untuk daya ingat anak.

Ibu-ibu pasti sering sekali diminta anak untuk menyanyikan satu lagu berulang-ulang. Apalagi kalau anak kebetulan menyukai satu lagu tertentu. Katakan saja saat ini yang lagi marak adalah lagu anak hoala dan koala.

Anak pasti minta lagunya terus-terusan diulang. Bahkan kadang membuat ibunya sampai bosan.

Tapi nggak papa, Bu. Turutin saja! Nanti lama-kelamaan anak akan mengingat lirik lagu favoritnya dan nggak segan menyanyi sendiri saat mendengar lagu tersebut.

Tuh, mereka bisa berlatih mengingat sesuatu lagi ‘kan!

#3 Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara meningkatkan daya ingat anak selanjutnya adalah dengan memberikan makanan bergizi pada mereka. Ada beberapa nutrisi yang berperan dalam perkembangan daya ingat anak, yaitu Omega 3, Folat, Vitamin B dan Vitamin B12.

Related Post

Ibu bisa memberikan makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut, seperti ikan tuna, kacang-kacangan dan lainnya.

Atau menambahkan suplemen untuk anak. Kita bisa meminta resepnya pada ahli gizi atau apotik terdekat ya.

#4 Bermain Permainan Daya Ingat

Bermain adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang paling disukai anak. Maka, ibu bisa mengajak mereka bermain sambil berusaha meningkatkan kemampuan ingatannya.

Ada beberapa permainan yang bisa dicoba untuk keperluan ini, seperti puzzle, mencari gambar yang sama, flash card, serta menempelkan angka, huruf, ataupun gambar.

Kita bisa membeli permainan dengan jenis-jenis itu. Atau memanfaatkan ponsel atau computer untuk bermain secara online. Tapi, tetap dalam pengawasan ya, Bu.

Website Games Online Plays.org

Salah satu permainan yang bisa dimainkan tanpa harus menginstall aplikasi atau mendaftarkan akun adalah website games online bernama plays.org. Ada banyak sekali permainan yang asyik untuk anak bahkan orang dewasa di sana. Termasuk permainan yang bisa meningkatkan daya ingat anak.

Jadi, meskipun gadgetnya dipakai bersama tetap nggak kehabisan ruang penyimpanan karena aplikasi-aplikasi tambahan. Orang tua tetap bisa menggunakannya untuk bekerja dan anak tetap bisa asyik bermain online deh.

2 Permainan Memory yang Seru untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak di Plays.org

Salah satu kategori permainan yang menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat adalah permainan memory. Beberapa diantaranya adalah:

#1 Boss Baby Matching Pairs: Permainan Mencocokkan Kartu

Games Matching Pairs untuk Daya Ingat Anak

Permainan bernama Boss Baby Matching Pairs ini adalah permainan mencocokkan kartu dengan karakter yang sama. Memang nggak ada batasan waktu untuk memainkan permainan ini. Tujuan kita hanyalah mencocokkan semua kartu.

Ketika permainan usai, kita akan menuju level selanjutnya. Dimana semakin lama level akan semakin meningkat dan jumlah kartu akan semakin banyak. Ini nggak hanya bagus untuk peningkatan daya ingat anak. Tapi, permainan ini juga menantang.

Aku saja rasanya ingin terus memainkan level-level yang lain setelah menyelesaikan satu level. Meski tingkat kerumitan akan semakin tinggi seiring bertambahnya level, tetap nggak menghambat diri ini untuk terus bermain sampai selesai.

#2 Color Maze: Permainan Puzzle Warna Online

Game Color Maze untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Namanya juga Color Maze ya kan? Maka, permainan ini adalah permainan labirin warna.

Pada mulanya, kita akan memiliki satu blok yang punya kesempatan 100 gerakan dengan satu warna. Kita boleh menggeser blok itu ke kanan, kiri, atas atau bawah. Dengan catatan melewati labirin yang memiliki warna yang sama dengan blok kita.

Tujuannya adalah mendapatkan lebih banyak gerakan dengan membuka blok yang berbeda warna. Sehingga kita bisa mendapatkan poin yang lebih tinggi lagi.

Awas hati-hati blok kita menabrak labirin yang berbeda warna ya. Karena hal ini bisa meledakkan blok kita. Sehingga, kita nggak bisa bergerak kemana pun.

Saat pertama kali main, aku nggak bisa mendapatkan point sama sekali. Blokku selalu saja meledak sebelum aku mendapatkan tambahan gerakan. Hehehe….

Daya Ingat Anak Meningkat dengan Bermain Permainan Memory di Plays.org

Sebenarnya, permainan memory nggak hanya terdiri dari dua games itu saja ya. Ada banyak lagi yang lainnya. Teman-teman bebas memilih yang mana pun. Mau kategori permainan lain juga ada.

Hanya saja, dengan bermain permainan yang ada pada kategori memory bisa membuat anak terlatih untuk mengingat. Sebut saja permainan mencocokkan kartu. Mereka harus mengingat kartu mana yang sudah terbuka tadi dan cocok dengan kartu yang sedang terbuka saat ini.

Kalau sudah begitu, gimana daya ingat anak nggak meningkat, Bu?

Related Post

8 Comments

  1. Karena mengasuh anak itu tak semudah yang orang-orang lihat ya mba. Padahal perlu usaha yang baik dalam mengasuh anak termasuk dalam pengembangan daya ingat anak. Cara-cara di daftar mba ini bisa jadi masukan juga buat saya sendiri nih, selama ini ga pernah kepikiran. Makasi mba, bermanfaat banget!

  2. Pemainan seperti mencocokan 2 gambar ini (Matching Pairs) biasanya yang sering aku lakukan dengan anakku saat mereka masih balita. Permainan ini ngefek banget untuk melatih daya ingat. Manfaatnya terasa ketika mereka sudah agak besar. Ketika ditanya, “dek, tau barang mama yang ini gak?”, dia langsung dengan mudah menemukan lokasinya.

    Tidak hanya untuk anak-anak. Untuk orang lansia permainan ini juga banyak manfaatnya, bisa melatih daya ingat.

  3. setuju nih, salah satu cara jitu untuk meningkatkan daya ingat anak itu bisa melalui game.
    pas banget ya, di Plays.org itu buanyaakkk banget games yang bisa bantu anak untuk melatih daya ingatnya 🙂
    bisa sekalian tingkatkan bonding ortu-anak juga dong 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.