Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Journal-yuni.com – Pandemi sudah berlangsung selama dua tahun. Saat ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin sudah mulai meluas. Bahkan puskesmas di daerahku sudah kehabisan vaksin.

Bibiku terpaksa menunda rencana vaksin keduanya yang dijadwalkan pada tanggal 13 Oktober 2021 lalu. Berharap vaksin segera datang dan Indonesia bisa kembali pulih. Normal seperti semula. Bukannya new normal.

Tapi, tetap saja ya. Kita nggak boleh lengah dong. Ketahanan tubuh tetap harus terjaga. Karena selain virus Corona, dunia ini juga punya banyak kuman penyebab penyakit lainnya. Kita pasti nggak maulah jadi mudah terserang penyakit. Iya nggak sih?

Belum lagi nih ya, virus Corona yang masih saja terus bermutasi. Mereka menjadi virus dengan varian baru, seperti varian Alfa, Beta, Gamma, Delta, Lambda, dan Kappa. Duh banyak banget pokoknya. Mana ada yang lebih mudah menular dan menimbulkan gejala yang lebih parah lagi.

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mendapatkan dosis vaksin secara lengkap memang salah satu cara kita menghindari virus Corona. Tetapi, kita tetap harus berusaha untuk meningkatkan imunitas tubuh. Biar mudah, begini caranya:

#1 Olahraga Secara Teratur

olahraga
sumber website pixabay.com
Related Post

Beberapa dari kita memang kadang suka sekali masuk dalam kategori malas gerak (mager). Sukanya rebahan. Terlebih jika akhir pekan.

Hanya saja, tahu nggak sih? Ternyata kebiasaan olahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 sampai 5 kali seminggu itu baik lho. Kebiasaan ini dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Kita bebas memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan kita. Kalau aku sih biasanya memilih jalan kaki dan jogging. Atau kalau kalian memiliki sepeda bisa kok bersepeda di sekitar rumah.

Pilihan lainnya adalah berolahraga di rumah saja, seperti melakukan senam aerobic atau yoga. Aman dari keramaian, ringan tapi tetap bikin kita sehat.

#2 Mengonsumsi makanan bergizi

Ingat ya, Gaes! Tubuh juga butuh makanan bergizi lho. Sesekali bolehlah kita mengonsumsi junk food. Kalau lagi pingin banget. Tapi, jangan terus-terusan ya pinginnya. Hehehehe….

Kita memerlukan makanan bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral dan antioksidan bisa menjadi pilihan yang lebih utama.

Bagaimana dengan jenis makanannya? Kita bisa memilih sayuran, buah, telur, susu, biji-bijian, ikan, seafood serta kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai dan edamame.

Lalu, kita juga boleh kok mengonsumsi makanan olahan seperti keju dan yoghurt. Makanan ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Related Post
makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
sumber web pixabay.com

#3 Berjemur sebagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pada awal pandemi tentu cara yang satu ini sudah menjadi senjata kita untuk melawan virus. Apalagi geografis Negara kita sangat mendukung. Kita bisa berjemur sepanjang siang hari.

Menurut hasil studi, berjemur dapat memicu produksi vitamin D. Hal inilah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Makanya, kita disarankan untuk berjemur paling nggak 3 kali seminggu selama 10-15 menit. Waktu yang paling bagus adalah pada pukul 09.00-10.00 pagi.

#4 Beristirahat dengan Cukup juga Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kita seringkali menganggap sepele terkait waktu dan kualitas beristirahat. Malah ada yang mengabaikannya. Nggak perduli dengan kondisi dan terus-terusan begadang. Alasannya karena banyak deadline atau terserang insomnia.

Tapi tahu nggak sih? Kualitas tidur tu berkaitan erat banget dengan imunitas lho. Ketika kita tidur dengan waktu yang cukup dan nyenyak, ternyata dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Makanya nggak heran kalau aku jadi gampang pusing kalau kurang tidur. Nggak hanya itu sih, kita juga bakal rentan terkena penyakit.

Oleh sebab itu, kita harus bisa memastikan telah memiliki waktu tiduy yang cukup sesuai dengan usia kita. Berapa lamakah itu?

Bagi orang dewasa pada umumnya kita membutuhkan waktu tidur sekitar 7–9 jam per hari. Sedangkan bagi remaja membutuhkan waktu tidur antara 8–10 jam per hari.

#5 Mengonsumsi Suplemen

Asupan gizi dari makanan memang diperlukan untuk mendukung kerja sistem imunitas tubuh. Hal ini agar kita bisa kuat melawan kuman yang menyebabkan penyakit.

Tapi, kadangkala nutrisi dari makanan saja nggak cukup. Sehingga, kita memerlukan multivitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terutama kandungan vitamin C, vitamin D dan Echinacea.

Itulah 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh kita. Bukan hal yang rumit ‘kan. Kita pasti bisalah menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari. Saat sakit, pastikan kita mengetahui dimana toko obat ya. Biar mudah penanganannya.

Semoga bermanfaat.

Related Post

4 Comments

  1. betul banget kak, Indonesia sekarang alhamdulillah sudah menunjukkan angka penurunan covid yang lumayan signifikan. Pun demikian kita juga tidak boleh lengah. Kita tetap harus menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan, minimal disiplin masker.

    Semoga trend angka penurunan covid semakin baik dan Indonesia kembali normal seperti semula.

    salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.