5 Kiat Praktis untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Setahun lebih kita nggak bisa bepergian dengan bebas. Keluar rumah harus mengenakan masker. Malah udah harus double masker sekarang. Jaga jarak juga nggak boleh lalai. Pokoknya kudu patuh sama protokol kesehatan.

Boro-boro travelling kemana-mana. Belanja urusan dapur aja kudu ati-ati banget kan? Kalau bisa belanjanya via online saja. Biar nggak perlu keluar rumah.

5 Kiat Praktis untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hal yang paling penting saat ini adalah menjaga daya tahan tubuh kita. Biar nggak gampang sakit atau kemasukan virus-virus jahat.

Ada beberapa kiat praktis untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa menjadikannya sebagai pola hidup sehat, sebagai berikut:

#1 Istirahat yang Cukup

Tahu nggak sih Gaes? Tidur adalah cara alami tubuh kita untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sekaligus mengisi tenaga kembali.

Makanya, saat kita kurang tidur biasanya kita akan mudah lelah dan kena gangguan kesehatan. Salah satunya adalah melemahnya daya tahan tubuh kita.

Related Post

Sehingga, memastikan kita mendapat waktu tidur yang cukup setiap harinya adalah hal yang sangat penting. Jangan begadang terus biar mukanya nggak pucat karena darah berkurang (kata abah haji Rhoma Irama, hehehe).

Untuk memastikan, anjuran waktu tidur bagi orang dewasa adalah selama 7-9 jam sehari. Sedangkan bagi anak-anak dan remaja selama 8-11 jam.

#2 Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mengatasi stress

Jangan salah ya Gaes! Stress nggak hanya akan menimbulkan masalah psikologis, kayak depresi atau gangguan kecemasan aja lho. Kalau kita nggak segera mengatasi stress bisa jadi daya tahan tubuh kita melemah.

Padahal, jaman pandemi begini stress tu rasanya gampang banget mendekat ya. Dan bikin kita gampang sakit.

Oleh karena itu, kalau merasa stress jangan dibiarin saja ya. Kita harus mengelolanya. Kalau perlu, kita mending menjauh dari hal-hal yang berpotensi bikin kita stress.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa melawan infeksi penyakit. Selain itu, kita juga bisa memelihara kesehatan mental kita.

#3 Rutin Berolahraga

Related Post

Hayo, siapa yang lebih banyak magernya saat ini? Please, jangan terbiasa malas gerak ya, Gaes! Kita harus mulai rutin berolahraga. Kenapa?

Karena ada banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan saat rutin berolahraga, sebagai berikut:

  1. Memperkuat daya tahan tubuh biar nggak gampang sakit.
  2. Kita bisa lebih mudah berkonsentrasi.
  3. Tidur juga makin nyenyak.
  4. Nggak kalah penting adalah menjaga berat badan.

Kita bisa berolahraga apa saja asalkan rutin setiap harinya. Nggak perlu lama-lama. Cukup 30 menit saja. Bisa latihan fisik di gym, jalan kaki, lari, berenang, sepedaan atau senam kardio. Bebaskan saja, Gaes.

rajin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh

#4 Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Ada yang suka makan junk food? Emang sih makanan cepat saji tuh praktis dan enak. Tapi makanan itu nggak sehat. Sesekali sih boleh, kalau lagi pingin banget. Asal nggak tiap hari saja pinginnya. Hehehe….

Bagusnya tu kita mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Maksudnya apa yang kita konsumsi mengandung beragam nutrisi, seperti protein, vitamin C, vitamin A, zinc, omega-3 dan antioksidan yang bisa menguatkan daya tahan tubuh.

Kita bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan mulai dari ikan, telur, kacang-kacangan sampai sayur dan buah-buahan. Beberapa tanaman herba juga mengandung nutrisi yang kita butuhkan, contohnya jahe dan lain-lain.

#5 Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol

Merokok adalah kebiasaan para kaum Adam. Tapi, beberapa cewek juga ada yang melakukannya. Padahal kan mereka bukannya nggak tahu apa bahaya rokok. Bahkan pada kemasannya juga ada kan gimana mengerikannya akibat dari merokok.

Apalagi yang kena akibatnya bukan hanya para perokok itu saja. Kita yang nggak merokok dan kebetulan berada di sekitar orang yang merokok juga bakal kena masalah. Namanya perokok pasif. Dan katanya, malah perokok pasif ini yang dampaknya lebih fatal.

For your information ya, Gaes. Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol tu dapat membuat kesehatan terganggu lho. Kedua hal ini dapat membuat daya tahan tubuh kita menurun.

Jadi, demi menghindari masalah yang lebih rumit mending berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol deh. Biar kesehatan kita selalu terjaga. Saat virus masuk ke tubuh pun, daya tahan tubuh kita bisa menghentikan infeksinya. Biar nggak menyebar kemana-mana dan kitanya nggak terpengaruh sama sekali.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pada kondisi saat ini, kita membutuhkan diri yang sehat. Secara, kita nggak bisa melihat virus dengan mata karena saking kecil dan mungilnya makhluk itu. Makanya, kadang nggak sadar dia sudah masuk saja ke tubuh. Meski pun kita merasa proteksi yang kita lakukan sudah sangat maksimal.

Makanya kita butuh imunitas tubuh yang kuat. Agar bisa melawan infeksi virus yang mungkin sedang bergerilya dalam tubuh.

Caranya, melakukan beberapa hal praktis untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti cukup istirahat, mengelola stress, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta menghindari rokok dan alkohol. Semoga bermanfaat.

Related Post

25 Comments

  1. istirahat sebenarnya juga kunci utama ya, kadang aku sendiri memforsir diri dengan hal yang kurang penting
    sebenernya juga masih bisa dikerjakan besok, tapi kadang males buat dibawa tidur atau istirahat
    dan kalau udah capek betul, baru mau istirahat yang baik

  2. Sepakat. Daya tahan tubuh harus dijaga. Harus diupayakan. Cara-caranya ada di artikel ini. Istirahat yang cukup dan pola makanan sehat agak susah bagi saya. Tapi menang harus diusahakan sih. Makasih mbak artikelnya. Sangat bermanfaat.

  3. Asli sih kak, olahraga itu masih jadi PR yang beraaat banget buat aku. Padahal penting ya dilakukan terutama di masa pandemi gini. Emang butuh tekad baja sih agar bisa olahraga rutin, wish me luck!

  4. Ditengah kasus covid yang melonjak ini emang kudu banget ya mbak jaga daya tahan tubuh. Duh olahraga nih masih PR bangett selalu gagal walau sudah bertekad.

  5. Tips di atas tepat banget untuk jaga daya tahan tubuh saat masa pendemi COVID-19 sekarang ini. Alhamdulillah sejak kecil nyampe sekarang belum pernah mabuk-mabukan minum alhokol atau merokok hehe, aturan orang tua tetap pakai gaya hidup sehat. Memang betul olahraga juga bagus meningkatkan daya tahan tubuh, jadinya ada aktivitas bergerak aktif kan ya?

    Saya sendiri biasanya olahraga badminton rutin bisa 2-3x per minggu, cukuplah kalo cari keringet biar tubuh makin fit dan hindari stress kerja.

  6. Serem juga kalo sampe kemasukan virus-virus yang jahat. Tapi kalo kemasukan virus-virus cinta gimana kak????

    Alhamdulillah, kelima poin sudah saya praktikan. Terutama poin nomor 5, saya paling anti rokok, apalagi alkohol. Big no.

    Makasih tips kerennya Kak.

  7. Menjaga daya tahan tubuh sangat penting. Apalagi sekarang ini jadi mahapenting. Kuncinya ada pada 5 diii atas. Tapi aduh, sulit pelaksanaannya. Terutama istirahat. Harus banyak-banyak seleh.

  8. Bener deh harus rajin olahraga. generasi mager sekarang emang seneng rebahan, mana di rumah aja bawannya pengen selonjoran mulu. Istirahat yang cukup dan makanan yang bergizi.

  9. Olah raga ini yang berat buat aq mbak, udah keduluan malesnya. Padahal udah bikin rencana olah raga ringan seminggu 2x tapi ya mesti malesnya yang diduluin hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.