Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Sabun Mandi

Memilih Sabun Mandi

Memilih Sabun Mandi – Berapa kali biasanya Teman-teman mandi dalam sehari? Minimal dua kali kan ya? Mandi pagi dan sore hari. Bisa lebih jika kita memiliki banyak kegiatan. Ada banyak manfaat mandi pagi dengan air dingin lho. Salah satunya meningkatkan kinerja jantung. Wah, bisa rajin nih. Hehehe…

Menikmati sabun mandi
Source: freepik.com, Beautiful girl in a bathtub

Ngomong-ngomong, ada beberapa perangkat yang diperlukan saat mandi. Salah satunya adalah sabun mandi.

Perhatikan 5 Hal Saat Memilih Sabun Mandi

Kita pasti menginginkan badan menjadi segar dan wangi setelah mandi. Oleh karena itu, memilih sabun mandi nggak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya:

1. Mengenali Jenis Kulit

Sebelum mencari sabun mandi, ada hal penting yang perlu mendapat perhatian terlebih dahulu. Yaitu bagaimana memahami jenis kulit kita. Dimana ada seenggaknya tiga jenis kulit, seperti kulit normal, kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif.

Tipe kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang. Sehingga akan mudah terhindar dari masalah kulit.

Related Post

Jenis kulit berminyak seperti kulitku biasanya memiliki pori-pori kulit yang besar. Selain itu, kulit akan terlihat mengkilat, memiliki komedo dan mudah berjerawat. Nggak enak banget memiliki jenis kulit ini. Apalagi kotoran lebih mudah menempel dan bisa menimbulkan masalah seperti bau badan. Iyuh, kita harus lebih sering membersihkan badan dong ya.

Sedangkan jenis kulit kering memiliki kadar minyak yang rendah. Jenis kulit ini memiliki ciri-ciri sering terlihat kusam dan kadang terlihat bersisik halus dan mudah untuk dikelupas.

Hal yang paling penting adalah jika kita memiliki jenis kulit yang sensitif. Kita nggak boleh sembarangan memilih sabun untuk jenis kulit ini. Karena kalau salah sedikit saja, kita akan mudah terkena iritasi.

2. Memilih Komposisi Sabun yang Sesuai Jenis Kulit

Setelah kita mengetahui jenis kulit kita, selanjutnya adalah memilih komposisi sabun yang cocok. Kita harus membaca kandungannya dengan teliti. Misalkan, jika memiliki jenis kulit kering sebaiknya kita memilih sabun yang memiliki komposisi untuk melembabkan kulit. Mungkin sabun yang berbentuk gel atau lotion.

Sedangkan untuk kulit berminyak, seharusnya kita memilih sabun mandi yang mengandung bahan oil control. Sehingga sabun ini akan lebih efektif mengurangi kadar minyak yang berlebihan.

Sementara itu, kita harus menghindari sabun yang mengandung banyak detergen jika memiliki jenis kulit sensitif. Kandungan ini hanya akan membuat kulit kita mengalami iritasi.

3. Pilih Sabun yang Memiliki Kandungan Antibakteri

Bakteri kadang menyebabkan bau keringat yang kurang sedap. Selain itu, jika kita membersihkannya dengan asal maka akan mengundang jerawat. Makanya kadang tiba-tiba muncul jerawat di punggung.

Related Post

Maka dari itu, kita harus memastikan untuk memilih sabun mandi yang mengandung antibakteri. Akan lebih baik lagi jika jenis sabun yang juga diformulasikan untuk kecantikan.

4. Memilih Sabun Sesuai dengan Gaya Hidup

Gaya hidup juga menentukan bagaimana kita memilih sabun mandi. Misal kita adalah seorang yang hobi berolahraga. Sehingga badan kita sering mengeluarkan banyak keringat dan mungkin akan mengundang lebih banyak bakteri. Maka, kita memerlukan sabun dengan kandungan antibakteri.

Kasus lain, andai kita sebagai seorang ibu rumah tangga yang hanya memiliki kesibukan di rumah. Mungkin kita akan memilih sabun yang memberi kesegaran dan aroma terapi. Sehingga badan terasa rileks.

5. Memastikan Tanggal Kadaluwarsa

Ini hal yang paling penting setelah keempat hal tadi. Saat kita akan membeli sabun mandi maka perhatikan kembali tanggal kadaluwarsanya. Jangan sampai alih-alih mendapat kesegaran eh kulit kita menjadi terkena iritasi. Nggak mau kan?

Kesimpulan

Begitulah cara kita memilih sabun mandi yang baik. Hal yang paling utama adalah mengenal jenis kulit kita. Selanjutnya baru menentukan komposisi sabun yang cocok. Jika kita memiliki kegiatan ekstra, maka perlu menjadi pertimbangan juga.

Semoga artikel di Journal Yuni bisa memberi manfaat.

Related Post

7 Comments

  1. Mengenal jenis kulit penting banget dalam memilih produk-produk kosmetik dan kesehatan kulit, termasuk pemilihan sabun mandi. Sembarang menggunakan sabun mandi memang tidak baik bagi kesehatan kulit.
    Thanks for sharing, Mbak.

  2. Baru tahu lho, sabun juga ada kadaluarsanya. Wah harus cek-cek ini, bisa menyebabkan iritasi ya. Aku sih suka sabun yg wanginya lembut.
    Makasih infonya…

  3. Meskipun tampak remeh, memilih sabun mandi memang harus hati-hati ya mbak. Saya punya nih pengalaman beli sabun tanpa lihat tanggal kadaluarsanya, lah malah gatal-gatal deh tubuh saya, hehehe

  4. Wah aku baru tau ada expire date buat sabun ni hehehe ketauan deh kudetnya. Tapi aku setuju deh kalo kita harus pahami jenis kulit sebelum beli sabun. Biat kulit makin sehat gitu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.