Ubah Rumah dengan Konsep Art Deco, Berikut Tipsnya!

Gaya arsitektur dan desain interior art deco, yang dikenal dengan kesan mewah dan elegan, berasal dari awal abad ke-20, khususnya pada tahun 1920-an dan 1930-an. Kamu bisa menerapkannya pada hunian dengan kehadiran pinjaman kilat

Dengan mengadopsi konsep rumah art deco, kamu tidak hanya mempercantik hunian, tetapi juga menambahkan nilai seni dan sejarah ke dalamnya.

Gaya ini memungkinkan penghuni untuk merasakan kemewahan masa lalu sambil tetap menghadirkan nuansa modern dan segar di rumah mereka. Melalui artikel ini, akan dibahas mengenai beberapa tips penerapan konsep rumah art deco agar kamu  bisa menciptakan rumah impian dengan gaya yang penuh karakter dan pesona.

Tips Penerapan Konsep Rumah Art Deco dengan Pinjaman Kilat

Untuk menerapkan konsep art deco pada hunian milikmu, berikut ini beberapa tips penting yang perlu diperhatikan.

Mengusung Tema ‘Be Bold

Dalam gaya art deco, keberanian adalah kunci. Gaya ini menekankan pada elemen-elemen yang mencolok dan menarik perhatian. Pola geometris besar, warna kontras, dan bentuk yang tegas adalah ciri khas dari desain ini. 

Sebagai langkah awal, kamu bisa mencoba mengaplikasikan warna hitam dan putih yang sangat kontras. Tambahkan furnitur dengan desain yang menonjol dan ornamen-ornamen yang menarik untuk menciptakan focal point di ruangan kamu. 

Gaya ini bukan untuk yang takut mencoba hal baru, melainkan untuk mereka yang ingin membuat pernyataan kuat di setiap sudut rumahnya.

Kemewahan jadi Kunci 

Art deco adalah sinonim dari kemewahan. Pada masa kejayaannya, gaya ini sangat terkait dengan kehidupan kaum elit yang glamor. Kamu bisa menghidupkan kembali kemewahan tersebut dengan bahan-bahan yang terjangkau, namun tetap terlihat mahal. 

Gunakan material seperti krom, kaca, dan logam berkilau. Permukaan yang mengkilap dan reflektif seperti meja kaca atau lampu krom akan menambah nuansa mewah di rumah kamu. 

Jangan lupa, unsur kemewahan juga bisa dihadirkan melalui detail-detail kecil seperti pegangan pintu berlapis emas atau aksen marmer pada meja. 

Baca juga: Belanja peralatan smart home.

Biarkan Rumah Terasa Menyala 

Pencahayaan menjadi salah satu aspek terpenting dalam konsep rumah art deco. Penggunaan lampu gantung besar dengan desain geometris, lampu meja dengan alas kaca atau krom, serta sconce dinding dengan bentuk futuristik akan memberikan nuansa spektakuler di rumah kamu. 

Pilihlah lampu-lampu yang tidak hanya berfungsi sebagai sumber cahaya, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang memperkuat tema art deco. Pencahayaan yang tepat akan membantu menonjolkan detail arsitektur dan furnitur, menciptakan efek dramatis yang sangat khas dari gaya ini. 

Gunakan Bentuk Geometris 

Bentuk geometris adalah dasar dari desain art deco. Dari pola zigzag hingga desain chevron, bentuk-bentuk ini dapat diimplementasikan dalam berbagai elemen rumah seperti wallpaper, karpet, atau kain pelapis furnitur. 

Pilih pola-pola yang tegas dan berani untuk menciptakan ruangan yang penuh karakter. Cermin berbentuk sunburst atau meja dengan desain segi delapan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan sentuhan geometris yang menarik. 

Menggunakan bentuk-bentuk ini akan membantu menjaga konsistensi tema art deco di seluruh ruangan.

Tunjukkan Sisi Natural

Selain kemewahan, art deco juga dikenal dengan motif-motif alami yang eksotis. kamu bisa mengimbangi bentuk geometris yang tegas dengan elemen-elemen natural seperti motif daun, binatang, atau bahan-bahan alami. 

Sentuhan motif zebra di kamar tidur atau wallpaper dengan motif dedaunan bisa menambah kesan alami yang kontras dengan elemen-elemen industri dari gaya art deco. Penambahan tanaman hias dengan pot-pot dekoratif juga bisa menjadi cara yang baik untuk menyuntikkan sedikit nuansa alami ke dalam rumah. 

konsep rumah art deco

Penggunaan Sistem Pencahayaan Terbaik

Seperti pembahasan sebelumnya, untuk menciptakan rumah berkonsep art deco yang semakin sempurna, pencahayaan adalah kuncinya. Pilih lampu gantung yang besar dan dramatis sebagai titik fokus di ruang tamu atau ruang makan. 

Tambahkan sconce dinding dengan desain geometris di koridor atau ruang keluarga. Jangan lupakan juga penggunaan lampu meja dengan alas kaca atau logam untuk menambah kesan mewah di kamar tidur atau ruang kerja. 

Dengan pencahayaan yang tepat, kamu bisa menciptakan suasana yang hangat dan mengundang, sambil tetap mempertahankan estetika art deco yang glamor.

Gunakan Jasa Arsitek 

Mewujudkan rumah impian dengan konsep art deco bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika kamu tidak memiliki latar belakang desain. Oleh karena itu, menggunakan jasa arsitek yang berpengalaman dalam gaya ini bisa menjadi investasi yang bijak. 

Arsitek profesional bisa membantu kamu merancang tata letak dan memilih material yang tepat agar rumah kamu benar-benar mencerminkan kemewahan dan keanggunan art deco

Mereka juga bisa memberikan saran-saran berharga tentang bagaimana memadukan elemen-elemen modern dengan gaya klasik ini. 

Konsep rumah art deco tidak hanya membuat rumah kamu terlihat lebih estetis, tetapi juga menambahkan sentuhan kemewahan dan elegansi yang sulit ditandingi. Gaya ini memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk dapat memadukan elemen yang bersifat modern dan klasik, hingga mampu menciptakan tampilan rumah yang indah sekaligus fungsional. 

Dengan mengusung tema berani, kemewahan, bentuk geometris, dan pencahayaan yang tepat, kamu bisa menciptakan hunian yang memukau dan penuh karakter. Selain itu, jangan lupakan juga dana yang memadai.

Terkait dana, salah satu solusi yang bisa kamu pertimbangkan adalah DBS KTA. Produk pinjaman KTA online ini menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan untukmu. Tersedia dana berlimit hingga Rp300 juta yang siap dicairkan dengan bunga flat mulai 0.88% per bulan. Selain itu, cicilan pinjaman kilat ini dapat kamu lakukan sampai 36 bulan.

Dengan kombinasi desain yang tepat dan dukungan finansial, impian memiliki rumah art deco yang mewah dan estetis bukan lagi sekadar angan-angan. Pinjaman ini bisa membantu kamu melakukan renovasi besar-besaran tanpa harus khawatir tentang masalah keuangan. Ajukan pinjaman kilat sekarang juga dengan klik di sini!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.