Belanja Peralatan Smart Home Lebih Hemat Pakai Cara Ini!

Sistem smart home adalah salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat. Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengendalikan perangkat rumah secara otomatis menggunakan perangkat seluler atau asisten suara. Dengan smart home, kamu dapat membuat hidupmu lebih nyaman, aman, dan hemat energi.

Bagi kamu yang ingin merasakan kemewahan teknologi ini tanpa merogoh kocek terlalu dalam, ada solusi cerdas yang patut dipertimbangkan, Kamu bisa belanja peralatan smart home lebih hemat dengan menggunakan QRIS. 

Penggunaan QRIS dalam berbelanja peralatan smart home tidak hanya membuat proses pembayaran lebih efisien, tetapi juga memberikan nilai tambah dalam bentuk diskon dan keamanan transaksi. Sehingga sudah bisa dipastikan lebih hemat daripada belanja dengan cara pembayaran tunai. 

Apa Saja Yang Harus Dibeli untuk Mewujudkan Smart Home?

Untuk mewujudkan smart home, kamu perlu membeli perangkat-perangkat yang dapat dikendalikan secara otomatis menggunakan perangkat seluler atau asisten suara. Berikut adalah daftar perangkat yang perlu dibeli untuk mewujudkan smart home:

Perangkat pusat

Perangkat pusat adalah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antara semua perangkat smart home milikmu. Perangkat ini dapat berupa hub, gateway, atau smart speaker.

Hub adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat smart home ke internet yang mana harganya kisaran Rp 209.000. Sementara Gateway adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat smart ke jaringan rumah yang kebanyakan marketplace membanderol dengan harga Rp 130.000 – Rp250.000 ke atas. 

Sedangkan smart speaker adalah perangkat yang berfungsi untuk mengendalikan semua sistem smart home menggunakan suara. Untuk jenis perangkat ini paling murah dibanderol dengan harga Rp598.000 dan paling mahal di harga sekitar Rp 4 jutaan. 

Perangkat pintar

Perangkat pintar adalah perangkat yang dapat kamu kendalikan secara otomatis. Perangkat ini dapat berupa lampu, kunci pintu, kamera, dan lain sebagainya. 

Adapun harga untuk perangkat ini yakni lampu berkisar Rp 223,200, kunci pintu dijual dengan harga mulai dari Rp1.155.000 hingga Rp4.206.000. Sementara untuk kamera harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung model dan ukurannya. Untuk ukuran mini harga mulai dari Rp112.000 dan harga termahal ditawarkan Rp1.150.000.

Perangkat pendukung

Selanjutnya adalah perangkat pendukung, yaitu perangkat yang berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas smart home. Perangkat ini dapat berupa sensor, tombol, dan sebagainya. Untuk harganya sendiri, sensor dijual dengan harga mulai dari Rp100.000 hingga Rp1.000.000. Harga tersebut tergantung dari jenis sensornya. Sedangkan tombol untuk smart home ditawarkan mulai dari Rp169.000.

Tiga perangkat inilah yang harus kamu beli untuk menggunakan peralatan smart home. Untuk memilih semua perangkat ini kamu harus melakukannya dengan pintar. Jangan terpaku atau tertarik pada harga murah sebab belum menjamin kualitasnya.

Inilah Tips Berbelanja Perlengkapan Smart Home Agar Lebih Hemat

Belanja perlengkapan smart home bisa menjadi investasi yang mahal. Namun, dengan beberapa tips dan trik, kamu dapat berbelanja dengan bijak dan menghemat uang. Berikut adalah beberapa tips detail untuk berbelanja perlengkapan smart home supaya lebih hemat:  

Buat Rencana dan Anggaran

Sebelum kamu mulai berbelanja perlengkapan smart home, buat rencana dan anggaran yang jelas. Identifikasi perangkat apa yang kamu butuhkan dan alokasikan anggaran yang sesuai untuk masing-masing perangkat. Dengan rencana ini, kamu dapat menghindari pembelian impuls yang mungkin menguras isi rekeningmu.

Lakukan Perbandingan Harga

Internet adalah tempat yang baik untuk membandingkan harga dan menemukan penawaran terbaik. Kamu dapat menjelajahi situs web e-commerce yang berbeda, membaca ulasan produk, dan membandingkan harga dari berbagai pengecer sebelum membuat keputusan pembelian. 

Melalui internet juga, kamu bisa melakukan transaksi pembayaran apapun secara online. Misalnya, kamu ingin memanfaatkan QRIS untuk membeli berbagai jenis peralatan smart home dengan cepat dan mudah. 

Belanja peralatan smart home Pilih Merek dan Model yang Terkenal

Ketika memilih perangkat pintar, perhatikan merek dan model yang sudah terkenal serta memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan dukungan pelanggan. Meskipun perangkat tersebut mungkin sedikit lebih mahal, investasi ini cenderung dalam jangka panjang. 

Belilah dalam Paket atau Bundle

Beberapa produsen atau pengecer menawarkan paket atau bundel perangkat pintar yang mencakup beberapa perangkat sekaligus. Ini sering kali lebih ekonomis daripada membeli perangkat secara terpisah. Pastikan untuk memeriksa apakah bundel tersebut termasuk perangkat yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Perhatikan Kualitas dan Fitur yang Dibutuhkan 

Jangan terlalu tergoda oleh fitur mewah yang mungkin tidak kamu butuhkan. Pertimbangkan dengan cermat fitur dan spesifikasi perangkat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Hindari membeli perangkat yang berlebihan meskipun itu untuk kebutuhan. 

Cari Diskon dan Program Penghematan Energi

Beberapa perusahaan utilitas atau mungkin juga pemerintah menawarkan insentif atau diskon untuk perangkat pintar yang dapat menghemat energi. Oleh karena itu, cari program semacam itu yang tersedia di wilayahmu, karena ini dapat membantumu menghemat uang dalam jangka panjang.

Baca Ulasan dan Evaluasi Pengguna

Sebelum memutuskan untuk membeli, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan evaluasi dari pengguna lain. Ulasan ini dapat memberikan wawasan tentang kualitas, kinerja, dan keandalan perangkat yang kamu pertimbangkan.

DIY (do it yourself) 

Jika kamu memiliki keterampilan teknis dan pengetahuan yang cukup, pertimbangkan untuk membuat beberapa perangkat pintar sendiri. Proyek DIY seringkali lebih ekonomis daripada membeli perangkat siap pakai. Kamu bisa mempelajari cara memasang perangkat pintar sendiri dengan melakukan riset online, membaca panduan pengguna, dan menonton tutorial.

Melalui pengetahuan yang cukup, kamu pasti dapat menghemat uang dengan melakukan instalasi dan konfigurasi sendiri tanpa harus memanggil teknisi atau profesional.

Sudah tentu, dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat berbelanja perlengkapan smart home dengan bijak, menghemat uang, dan memastikan bahwa Kamu mendapatkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu. 

Gunakan Digibank QRIS untuk Membeli Perangkat Smart Home

Membeli perlengkapan smart home tentu akan lebih mudah jika kamu memanfaatkan digibank QRIS. Sebab ada banyak keuntungan yang ditawarkan dari layanan perbankan satu ini. Kamu bisa belanja peralatan smart home sat set menggunakan digibank QRIS. 

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati promo menarik di merchant pilihan. Bahkan tersedia juga Limit 10 juta/transaksi/hari, lho. Tentu hal ini akan lebih menghemat belanjaan kamu, bukan? 

Jadi kesimpulannya, saat ini kamu tak perlu ragu membeli perangkat smart home di rumah dengan digibank QRIS. Beberapa keunggulan di atas bisa kamu manfaatkan jika sudah resmi menjadi nasabah dari digibank by DBS. Jika kamu tertarik, silakan baca informasi lengkap mengenai digibank by DBS  di sini!

2 pemikiran pada “Belanja Peralatan Smart Home Lebih Hemat Pakai Cara Ini!”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.