Rekomendasi Kuliner Khas Medan

6 Rekomendasi Kuliner Khas Medan untuk Wisata Kuliner

Wisata kuliner merupakan kegiatan yang paling mengasyikkan. Kita dapat mencoba berbagai jenis makanan dari daerah lain sembari berjalan-jalan. Untuk wisata kuliner, sebelum beranjak ke luar negeri. Coba deh kita mencoba semua makanan khas daerah di Indonesia dulu.

Sebab, di Indonesia kita dapat menikmati makanan manis, asin, asam, dan pedas khas Indonesia yang tentunya kita santap dengan nasi dong, ya.

Rekomendasi Kuliner Khas Medan

Jika Yogyakarta menjadi pilihan bagi banyak orang, maka kami juga menyarankan untuk mencoba kuliner khas Medan yang memiliki keunikan tersendiri. Kita bisa memesan tiket pesawat ke Medan setelah ini.

Yuk intip rekomendasi kuliner khas Medan di sini.

1. Sate Memeng

Salah satu rekomendasi kuliner khas Medan yang wajib kita coba adalah Sate Memeng. Ini adalah sate daging. Warung sate memeng ini cukup terkenal di kalangan warga lokal dan terletak di Jalan Irian Barat nomor 1, Medan Timur.

Hal yang membuat sate memeng ini berbeda adalah bumbu yang digunakan bukanlah bumbu kacang melainkan bumbu kecap dengan campuran irisan bawang merah, cabai, dan tomat. Selain itu, sate memeng nggak hanya tersedia dalam satu jenis daging melainkan tersedia pilihan daging lainnya seperti sapi, kambing, dan ayam.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Soto Sinar Pagi

 

Soto Sinar Pagi Medan
Sumber Foto: Website Traveloka

Kalau kita suka makanan berkuah, maka soto Sinar Pagi dapat menjadi pilihan sarapan pagi di Medan. Soto ini berada di Rumah Makan Sinar Pagi dan menjadi favorit warga lokal. Kita harus sabar ya karena katanya rumah makan ini selalu rame.

Rumah Makan Soto Sinar Pagi mulai buka dari jam 7 pagi, jadi cocok banget sarapan pagi-pagi dengan soto. Lokasinya berada di Jalan Seo Deli, Medan Barat.  Selain itu, Soto ini terdiri dari campuran daging sapi, kuah santan, dan rempah-rempah yang kemudian membuat rasa sotonya semakin kuat.

3. Lontong Kak Lin

Rekomendasi kuliner khas Medan lainnya adalah Lontong Kak Lin. Untuk mencicipi soto khas Medan, maka lontong Kak Lin adalah jawabannya. Tempat makan ini berada tepat di depan SMA 1 Medan dan dibuka mulai dari pukul 6 pagi. Cocok menjadi santapan di pagi hari.

Mungkin Sebagian orang beranggapan bahwa lontong ini mirip dengan lontong sayur, namun lontong ini cukup berbeda. Yang membedakan adalah lontong ini ditambahkan sedikit bumbu pecel. Itulah yang kemudian membuat lontongnya sangat khas dan bertahan lama di lidah.

Selain lontong, rumah makan ini juga menyediakan pecel dan nasi gurih yang juga menjadi andalan mereka.

4. Bihun Asie Kumango

 

Bihun Asie Kumango Medan
Sumber Foto: Images Capture by Liam VA

Kita juga dapat mencoba Bihun Asie Kumango. Ini merupakan salah satu kedai yang menyajikan bihun bebek. Kedai ini juga sangat direkomendasikan dan selalu ramai. Bihun bebek yang disajikan mereka racik dengan berbagai rempah-rempah yang kemudian membuat kaldunya memiliki aroma yang khas.

Hal yang menakjubkan adalah seporsi bihun bebek ini dijual seharga Rp. 60.000, cukup mahal untuk umum namun bisa dipastikan kita nggak akan kecewa dengan rasanya.

5. Martabak Yurich

 

Martabak Yurich Medan
Sumber Foto: Images Capture by Yurich Martabak & Kebab House

Butuh yang manis-manis? Tenang, ada martabak manis. Di Medan, salah satu kedai martabak yang paling populer adalah martabak yurich. Yang membuat martabak yurich berbeda dari martabak manis lainnya adalah bahan-bahannya menggunakan bahan kelas premium.

Adonan yang berwarna hitam, keju ekstra, dan mentega premium membuat martabak manis ini lebih manis dan tebal. Kita juga dapat memilih topping buah-buahan segar. Itulah yang membuat martabak Yurich ini sangat popular.

6. Sup Daging Sipirok

Ingin menu lainnya? tentu saja bisa. Di Medan terdapat Sup Daging yang dijual oleh Rumah Makan Sipirok. Sup Daging ini juga sangat banyak diminati oleh wisatawan maupun warga lokal. Selain itu, dagingnya cukup empuk dibaluri dengan kuah yang gurih. Jika kita ingin mengunjunginya, rumah makan ini berada di Jalan Gatot Subroto.

Rekomendasi Pusat Kuliner Medan

Selain itu, kami juga memiliki beberapa rekomendasi pusat kuliner yang ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan. Pada kawasan pusat kuliner ini, tersaji banyak macam makanan khas dan jajanan yang wajib kita coba.

1. Kuliner Pagaruyung

Kuliner Pagaruyung berada di Jalan Semarang tepatnya di kawasan Pagaruyung. Tersedia banyak macam makanan khas medan. Selain itu terdapat juga menú masakan india yang dapat kita coba. Namun, yang mendominasi di kawasan ini adalah masakan khas Indonesia tentunya.

2. Merdeka Walk

Ini merupakan night market yang menyediakan puluhan stand dengan berbagai jenis jajanan yang siap disantap. Merdeka Walk juga menjadi spot nongkrong favorit dan selalu ramai. Konsep yang digunakan outdoor dan tersedia live music yang akan membuat kita betah. Di sini juga sangat cocok jika kita ingin menikmati suasana malam hari di Medan.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Medan yang wajib kita coba. Mulai dari soto, sate, hingga jajanan pasar tentunya nggak akan membuat kita kecewa. Jadi, jangan tinggalkan Medan sebelum kenyang. Selamat menikmati~

Bacaan Menarik Lainnya:

Related Posts

9 thoughts on “6 Rekomendasi Kuliner Khas Medan untuk Wisata Kuliner

  1. Sebagai orang Medan, rekomendasi di atas aku udh coba semua kecuali martabak yurich. Baru denger. Ntr deh kalo mudik lagi aku cobain. Bentuknya sih menggoda yaa 😁

    Btw, lontong kak lin masih buka ya mba? Soalnya kak lin nya udah meninggal Krn covid kemarin. Nah mantan suaminya buka lontong Medan juga di Deket rumahku, namanya lontong Bang Iwan 😅. Ini suami istri kayaknya saingan dulu 😂

    Sate Memeng itu lumayan enak, aku juga suka icipin kalo kebetulan main ke arah sana. Tapi mudik kemarin ga sempet. Soalnya dimedannya ga lama. Lebih lama di Sibolga dan Aceh.

    Pokoknya kalo ke Medan mah, memang wajib wiskul aja. Terlalu banyaaaak kulinernya dan rat2 itu enaaaaaaak atau enaak bangetttttt 🤣.

    Belum lagi soto Kesawan, dimsum nelayan, SOP lembu kenari, nasi goreng Chinese moslem di Multatuli , ayam goreng Gumarang, wajir seafood, banyak lah mba. 😅. Makanya tiap mudik aku suka bingung mau makan di mana 😂

  2. Sebagai pecinta manis langsung tertarik sama martabak yurich. Kayaknya enak dan variannya macam-macam ya. Tapi makanan lain juga enggak kalah menarik. Semoga bisa icip-icip makanan khas Medan nantinya.

  3. Duh duh pagi ini dibuat ngiler dengan aneka kuliner Medan, sering dengar kalau Medan tuh enak-enak banget makanannya semoga ada rezekinya bisa ke sana dan mencicipi semua rekomendasinya ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.