Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan Kita

Bagi seorang yang mager-an a.k.a malas gerak dan cenderung suka rebahan. Kayaknya kita perlu tahu apa saja manfaat jalan kaki setiap hari untuk kesehatan.

Maksudku, meski nggak olahraga berat kayak fitnes atau aerobic gitu. Kita bisa pilih olahraga ringan seperti jalan kaki kok. Nggak perlu terlalu lama deh. Sesuaikan saja sama kebutuhan kita.

Apalagi, jalan kaki adalah kegiatan yang meski sederhana tapi jadi salah satu olahraga kardio yang bisa kita lakukan kapan dan di mana pun. Sehingga, kita yang suka rebahan masih punya kesempatan buat hidup sehat.

Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Nggak masalah kalau kita adalah orang yang mager-an dan lebih suka rebahan. Tapi, tetap saja. Kita butuh melakukan olahraga untuk kesehatan badan.

Kita bisa pilih olahraga apa saja. Nggak perlu harus berlangganan di gym atau tempat fitnes kok untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Lakukan saja olahraga yang sederhana. Kayak jalan kaki pake alas kaki dari Astec Original gitu. Biar kaki kita selalu nyaman.

Oh iya, Teman-teman bisa beli alas kaki dari Astec Originalnya di Sports Stasion ya. Ini adalah toko olahraga dan gaya hidup terbesar yang punya lebih dari 500 toko di seluruh Indonesia. Keren nggak tuh?

Paling nggak ada 6 manfaat jalan kaki untuk kesehatan bila kita lakukan secara rutin setiap hari, sebagai berikut:

1. Memperkuat Fisik Tubuh Kita

Tahu nggak sih? Kalau kita berjalan kaki setiap hari maka fisik tubuh akan semakin kuat. Di antaranya kekuatan otot paha, betis dan seluruh bagian kaki.

Coba deh jalan di area yang menanjak atau menurun. Nggak perlu jauh-jauh sampai ke gunung atau mana pun lah. Cukup di area sekitar tempat tinggal kita saja. Aku yakin banyak area yang seperti itu tho?

Selain itu, untuk mengoptimalkan kekuatan kaki. Kita bisa naik-turun tangga. Tapi sekarang ini, kita cenderung lebih suka memanfaatkan teknologi untuk mempermudah. Kayak, alih-alih naik tangga, kita lebih suka pake lift.

2. Kita Bisa Menghindari Penyakit Kronis

Dalam salah satu artikel di website kesehatan terdapat informasi penting mengenai manfaat yang bisa kita rasakan saat rutin berjalan kaki. Informasi tersebut dari American Diabetes Association.

Katanya rutin jalan kaki bisa menurunkan kadar gula dalam darah sehingga menghindarkan kita dari risiko diabetes.

Selain itu, penelitian yang American College of Cardiology menghasilkan informasi penting tentang jalan kaki. Kira-kira begini: 1000 langkah yang kita lakukan rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik.

Jadi begitulah ceritanya kenapa hanya dengan berjalan saja bisa menghindarkan kita dari penyakit kronis.

3. Bantu Bakar Kalori

Jalan Kaki adalah Olahraga Kardio Sederhana

Manfaat jalan kaki yang ini adalah kabar baik buat pejuang postur tubuh ideal. Ya gimana dong? Kita nggak bakal bingung lagi kalau misalkan tubuh kelebihan kalori. Jalan kaki bisa membantu bakar kalori.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait manfaat berjalan kaki yang ini, sebagai berikut:

  • Ukuran jarak. Konon ada perhitungan berapa jarak yang harus kita tempuh untuk membakar sejumlah kalori. Misal, berjalan kaki sejauh 1 km bisa membakar sekitar 50 kalori.
  • Semakin cepat langkah kita, maka kalori yang terbakar pun akan semakin banyak.
  • Pilihan lokasi. Ada lokasi menanjak dan menurun. Atau kita bisa manfaatkan anak tangga.

4. Tingkatkan Imun Tubuh

Dengan berjalan kaki, kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, tubuh nggak akan mudah terpapar virus atau bakteri penyebab penyakit.

Hal ini akan membuat kita nggak gampang terkena flu atau demam ringan. Intinya, banyakin gerak ya, Gengs. Kalau pun mager mau fitnes atau senam. Ya udah, kita bisa jalan kaki doang.

5. Tingkatkan Energi Bagi Tubuh

Jalan kaki ternyata bisa meningkatkan hormon yang bertugas sebagai pembantu mengoptimalkan energi lho. Misalnya hormon kortisol, epinefrin dan norepinefrin.

Selain itu, saat kita berjalan. Peredaran oksigen dalam tubuh dapat meningkat lho.

Jadi, menurutku nih ya. Alih-alih mengonsumsi minuman berenergi atau yang mengandung kafein. Mendingan kita jalan kaki saja deh. Peningkatan energinya bakal lebih berasa.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Kalau sering nonton Drama Korea. Perhatikan deh. Tokoh-tokohnya kalau lagi dalam suasana hati yang nggak asyik, pasti memilih jalan kaki.

Ternyata, hal itu bukan tanpa alasan lho. Berjalan kaki juga punya manfaat untuk kesehatan mental.

Sebuah jurnal dari salah satu Klinik Psikiater bilang bahwa kegiatan ini bisa menurunkan rasa depresi, cemas sampai suasana hari yang buruk.

Yuk Jalan Kaki Setiap Hari! Rasakan Manfaat Baiknya untuk Kesehatan Kita

Ada begitu banyak manfaat jalan kaki untuk kesehatan. Menariknya, olahraga ini adalah kegiatan paling sederhana yang bisa kita lakukan kapan pun dan di mana pun. Bahkan meski hanya di sekitaran tempat tinggal pun jadi.

Tapi, berjalan akan terasa kurang tanpa alas kaki yang nyaman. Benar nggak? Teman-teman biasanya pilih alas kaki apa nih kalau jalan kaki?

Sandal yang empuk atau sepatu kets khusus olahraga? Apa pun pilihannya. Yuk jalan kaki setiap hari! Dan rasakan manfaat baiknya untuk kesehatan kita.

Related Posts

One thought on “6 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan Kita

  1. Iyeees setujuuuu banget. Aku sejak pandemi jadi sadar Ama yg namanya olahraga mba. Gara2 nya banyak temen kantor dan saudara yg meninggal Krn covid, padahal sebelum ini aku melihat mereka sehat. Ternyata ada komplikasi seperti diabet, hipertensi dan jantung. Soalnya kalo melihat badan mereka, bukan yg tipe gemuk. Dari situ aku jadi rutin, paksain badan utk workout. Sampe akhirnya beli treadmill juga, jadi kalo hujan ga ada alasan ga olahraga. Lumayan banget loh, yg tadinya aku gampang ngos2an lari dikit, sekarang bisa nonstop lari 1 jam dan napas jadi panjang juga kuat. Ga gampang capek. Biasanya aja seminggu 4x selama 1 jam, atau seminggu 6x selama 30 menit. Ngaruh ke badan.

    Makin semangat kalo pakai sepatu yg memang cocok buat running. Jadi pas lari di treadmill atau di jalanan, ttp enak dan ga sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.