Tips Kecantikan

2 Cara Membuat Masker Tomat untuk Perawatan Kulit Wajah secara Alami

Masker Tomat Alami on Journal Yuni – Belakangan ini, kita sudah menyerahkan urusan per-skincare-an pada bahan-bahan alami. Sebut saja buah-buahan dan sumber nabati lainnya. Bahkan produk-produk kecantikan juga sudah banyak yang beralih ke organik.

Salah satunya adalah masker. Dimana masker juga termasuk dalam satu dari sekian basic skincare yang kudu kita ketahui.

Nah kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat masker dari bahan tomat. Selain itu, bagaimana aturan pakai masker tomat yang sudah kita buat? Semua akan kita bahas di sini. Meski nggak setajam silet, tapi semoga bisa memberi pencerahan pada teman-teman tentang hal ini. Hehehe…

Manfaat Tomat untuk Kulit

Ada satu hal yang perlu kita ketahui sebelum kita memutuskan untuk membuat masker dari tomat. Seperti, mengapa kita memilih tomat bukannya bahan lain? Lalu, bisakah masker tomat untuk jerawat?

Tunggu dulu! Kita akan mengecek, apa saja sih manfaat tomat untuk Kulit?

1. Mengurangi Resiko Sunburn

Tomat mempunyai kandungan Likopen. Kandungan ini mampu memberikan efek perlindungan kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, tomat juga mampu mengurangi sensitivitas kulit dari radiasi sinar UV lho.

Jadi, bukan tanpa alasan ‘kan tomat menjadi salah satu bahan masker? Kebayang dong bagaimana manfaatnya jika kita memakai masker tomat alami setiap hari. Secara, Negara kita kan termasuk Negara tropis yang panas banget. Iya nggak Geng?

2. Merangsang Produksi Kolagen

Kita sudah mengetahui dengan pasti bahwa tomat adalah salah satu sayuran buah yang mengandung Vitamin C. Dimana, vitamin C berperan penting dalam meningkatkan system kekebalan tubuh.

Tapi eh tapi. Ternyata, vitamin C juga bisa membantu merangsang produksi Kolagen lho. Sehingga, penggunaannya bisa meningkatkan elastisitas kulit. Hasilnya kulit terasa lebih kencang. Dan say good bye sama kerutan deh. Ahay…

Selain itu, vitamin C juga bisa mengurangi munculnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

3. Memiliki Sifat Anti-Penuaan

Usut punya usut selain vitamin C, ternyata tomat juga mengandung vitamin B. Diantaranya, B1, B2, B3, B5, B6 dan B9. Kabar baiknya, vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan.

Sehingga, jika kita mengaplikasikan masker tomat ke wajah akan membantu untuk mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Selain itu, vitamin B juga membantu mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

Wow, kita nggak perlu lagi keluar biaya mahal-mahal hanya untuk awet muda, Geng. Kita bisa memakai tomat yang ada di dapur. Hehehe…

Sebenarnya, masih ada beberapa manfaat tomat untuk kecantikan. Makanya masker tomat alami bisa sangat bagus bahkan jika kita mengaplikasikannya di malam hari.

Lebih lanjut, kita akan membahasnya nanti. Pada saat, kita membicarakan cara membuat masker tomat tanpa campuran dan kombinasi dengan bahan lain. Jadi, stay tune ya!

Cara Membuat Masker Tomat Alami

Selanjutnya bagaimana sih cara membuat masker tomat alami? Kita punya dua jenis masker yang berbahan tomat, diantaranya:

1. Masker Tomat Sederhana

Mengapa kita menamakannya dengan masker tomat sederhana? Menurut saya sih karena masker ini hanya membutuhkan satu bahan saja. Yaitu tomat. Tanpa campuran bahan lain.

Kita bisa menggunakan dua cara untuk membuatnya, yaitu:

Cara Dipotong

Bagi setiap wanita, jerawat adalah masalah yang menyebalkan. Kalau saya sendiri, biasanya jerawat akan muncul saat mendekati masa period. Mungkin karena hormone dan lain sebagainya ya. Secara, saya ‘kan orangnya rutin membersihkan wajah. Ahay…

Ah iya, kita bisa menghilangkan jerawat hanya dengan masker tomat lho. Caranya:

1. Kita mengambil tomat yang dingin. Kemudian kita akan memotongnya menjadi dua bagian.
2. Lalu, kita mengusapkan potongan tomat tadi pada area wajah yang berjerawat. Jangan lupa, Geng! Kita kudu mengusapkannya dengan arah melingkar ya.
3. Setelah itu, kita mendiamkan masker di wajah selama kurang lebih 10 menit sebelum kita membilasnya dengan air.

Masker Tomat Alami
Sumber:”https://www.freepik.com/photos/people”

Cara Dihaluskan

Sejak tadi, kita sudah membahas manfaat tomat karena kandungannya yang kaya nutrisi. Sehingga, kita bisa memanfaatkannya untuk kecantikan. Antioksidannya mampu membuat kulit lebih lembab dan merah merona. Jadi, kita bisa nggak ketergantungan sama blush on deh. Hehehe…

Selain memotong, kita bisa membuat masker alami tomat dengan cara lain lho. Yaitu:

1. Setelah kita mencuci tomat hingga bersih. Kita bisa menghaluskan tomat hingga lembut.
2. Lalu, kita bisa mengoleskan tomat yang telah halus ke seluruh area wajah kita kecuali area mata dan mulut.
3. Kita bisa mendiamkannya selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air.

2. Masker Tomat Kombinasi

Masker tomat alami yang tadi sudah halus bisa kita kombinasikan dengan bahan lain lho. Dan tenang saja. Ini tetap aman dan alami. Karena bahan campurannya bukan dari bahan kimia, diantaranya:

Lemon

Sama halnya dengan tomat, lemon juga kaya akan vitamin C. Kita bisa menggunakan kedua bahan ini untuk mencerahkan kulit. Cara membuatnya pun mudah saja.

Kita bisa menambahkan tomat yang telah halus dengan air perasan lemon. Lalu, kita mengaplikasikan campuran bahan tadi ke seluruh wajah. Setelah itu, kita mendiamkannya selama 15 menit.

Pada saat membilas, kita memerlukan air hangat di tahap pertama. Kemudian kita mencuci wajah dengan air dingin di tahap akhir.

Madu

Masker Tomat dan Madu

Manfaat masker tomat dan madu adalah melembabkan kulit kering dan memperkecil pori-pori. Cocok banget nih buat kulit saya yang cenderung kering dengan pori-pori yang kelihatan gedhe.

Oh iya, kita hanya perlu mencampurkan tomat yang telah halus dengan madu lho. Simple dan nyaman dipakai secara rutin.

Putih Telur

Putih telur mampu membantu untuk mengurangi minyak di wajah dan mencegah penuaan. Makanya sangat pas menjadi campuran masker tomat alami. Dimana tomat akan menjaga kelembaban wajah.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dan tomat sama-sama bisa mencegah kulit kering. Kita bisa menggunakan perbandingan bahan seperti 1 sdm minyak zaitun untuk 1 buat tomat. Dan kita bisa menggunakannya secara rutin.

Timun

Manfaat masker tomat dan timun untuk kecantikan adalah membersihkan dan melembabkan kulit. Jadi, bukan hanya pelembab wajah saja yang berfungsi untuk melembabkan kulit ‘kan? Hehehe…

Cara membuatnya juga nggak kalah mudah dengan kombinasi masker tomat alami lainnya. Yaitu dengan menghaluskan tomat dan timun yang telah dibersihkan.

Kesimpulan – Ternyata selain sebagai sayuran buah, tomat juga bisa bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin c dan antioksidannya bisa membuat kulit lebih cerah dan mencegah penuaan dini. Sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai masker wajah alami.

Oh iya, cara membersihkan masker tomat yang dikombinasikan dengan bahan alami lain adalah mencuci wajah dengan air hangat. Kemudian diakhiri dengan mencuci wajah dengan air dingin. Sedikit lebih ribet. Tapi worth it dong dengan hasil yang didapatkan. Iya nggak sih Geng?

Anda mungkin juga suka...

17 Komentar

  1. Didik Jatmiko says:

    Aku paling suka mengkonsumsi tomat, tapi aku belum pernah nyoba untuk maskeran pakai tomat, bisa dicoba nih hehehe.

  2. Hani says:

    Masker tomat mudah ya cara buatnya. Buat kulit agak kering bisa ga ya? Dulu kulitku berminyak, makin ke sini makin kering…

  3. wah ini keren, pakai produk alami, cara satu simple banget, dan jika ada waktu lebih bisa pakai cara dua yang di kombinasi bahannya. boleh di coba nih

  4. Hendra Suhendra says:

    Kalo saya biasa makan tomatnya sih Mba, ternyata bisa juga dijadikan masker ya. Boleh nih kapan-kapan dicoba, biar tau khasiatnya secara langsung untuk wajah…

  5. Tomat mempunyai banyak manfaat buat tubuh dan juga kulit, kalau diaplikasikan langsung manfaatnya akan lebih terasa ya, makasi tipsnya ya mba nanti akan saya coba 🙂

  6. Beauty by nature. Sebenarnya memang di sekeliling kita banyak buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Ya memang kudu mau sedikit ribet sih. Tapi demi hasil maksimal, kenapa tidak dicoba 🙂 . Makasih yaaa udah sharing cara bikin masker tomat.

  7. Wah makasih informasinya buat DIY masker tomat, selama ini aku masih templok2 gitu aja hehe males ngalus2innya.

  8. Akarui Cha says:

    Wah jadi mau cobain bikin masker tomat deh.

    Setau saya selama ini jika untuk sunburn hanya dengan bedak dingin alias masker beras saja.

    Thanks for sharing ya Kak.

  9. Fenni Bungsu says:

    Boleh juga nih irisan tomat buat bantu menghilangkan jerawat daku. Cuma kadang suka lupa buat dijadikan masker, seringnya buat langsung dimakan campur sedikit gula pasir hehe.

  10. dulu pas masih lajang suka banget buat masker masker alami seperti ini
    skrg g bisalahi, huhuhu

  11. waaah aku belum pernah sih cobain bikin masker tomat
    ternyata banyak ya kak manfaat nya. jadi pengen coba campur sama madu kak

  12. Adriana Dian says:

    Tomat nih buah yang banyak manfaatnya yaaaa.. nanti mau cobain juga ah pake dan bikin masker tomat sendiri. Hihi. Makasi infonya yaaa

  13. Marfa says:

    Uwuw tomat ini emg bagus bgt buat kulit, aku pas kkn dulu jg diajarin maskeran tomat sm temenku apalagi krn cuaca d sana sukanya pnas dan efeknya jd tenang d kulit

  14. Euisry Noor (isrinur.com) says:

    Ternyata mudah juga ya bikin masker sendiri dari bahan tomat. Kapan2 bisa cobain nih…. Banyak juga ya manfaatnya utk kulit wajah. Tapinya kudu rutin ya maskerannya?

  15. Bahannya gampang didapat nih, mau langsung praktek aq mbak. Tapi emang harus rutin juga biar hasil maksimal

  16. biasanya aku paket tomat dan timun, khasiatnya sangat terasa setelah pemakaian 😀 jadi segarrrrr

  17. aku pernah juga maskeran pake tomatm, kok nggak enak ya hasilnya

    ternyata caranya ada yg keliru toh, hmmm
    ada beberapa bahan buat kombinasi yaa

    nnti dicoba lagi, thx kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *