7 Tips Memilih Skincare untuk Pemula

By | September 15, 2020

Tips Memilih Skincare untuk Pemula – Sebagai cewek tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya perawatan kulit. Karena disadari atau tidak, penampilan fisik itu penting. Meski katanya cantik itu relatif. Tapi, akan ada perbedaan antara kulit yang terawat dan tidak.

Believe me! Kulit yang terawat itu lebih mempesona meski paras kita pas-pasan. Hehehe…

Coba saya flashback pada masa dimana saya masih berada di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Dulu, saya tidak begitu suka merawat kulit. Boro-boro memakai bedak. Saya mencuci wajah saja masih menggunakan sabun mandi. Sekalian gitu, saya menyabuni badan dan wajah dengan hanya menggunakan satu jenis sabun.

Bukan hanya itu, saya juga merasa cuek dengan kondisi wajah setelah bepergian. Jika, teman-teman akan sibuk membersihkan wajah dengan susu pembersih atau apalah namanya. Maka, saya akan langsung melakukan aktifitas lain.

Hasilnya adalah jerawat memenuhi wajah. Bahkan tumbuh sampai ke leher. Lama-kelamaan saya merasa ngeri melihat kondisi wajah saya sendiri.

7 Tips Memilih Skincare untuk Pemula

Lalu, salah satu teman se-almamater di pesantren mulai mengenalkan saya pada skincare. Katanya ada beberapa hal yang perlu saya perhatikan ketika akan memilih produk perawatan kulit. Apalagi bagi saya yang saat itu masih pemula.

7 Hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. Kenali Jenis Kulit Kita

Hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum memilih skincare untuk pemula adalah jenis kulit kita. Pertanyaannya adalah bagaimana kita mengenali jenis kulit itu? Apa perlu kita mengunjungi dokter kulit?

Tidak teman-teman. Ada hal dasar yang bisa kita perhatikan saat ingin mengenali jenis kulit kita sendiri. Misalnya begini,

Bagaimana Mengenali Jenis Kulit Wajah?

Pertama, jika kulit kita mudah mengilap atau berminyak hanya beberapa saat setelah mencuci wajah, maka kita bisa menyimpulkan kulit wajah kita berminyak.

Meski katanya kalau kulit wajah berminyak membuat kulit tidak mudah keriput, tetap saja itu bukan hal yang menyenangkan.

Mengapa? Karena, kita akan sulit mempertahankan make up kita tetap menempel selama yang kita mau.

Kedua, jika pada siang hari kita melihat wajah kita mengilap hanya di beberapa bagian, misal di bagian hidung dan dahi, sementara di bagian lain tidak. Maka, kita bisa menyimpulkan bahwa kulit wajah kita merupakan jenis kombinasi.

Ketiga, jika kita merasa kulit wajah kita kering dan seperti tertarik, maka bisa kita simpulkan bahwa kulit wajah kita kering kerontang. Nah, ketika kita memiliki kulit wajah seperti ini, hendaknya berhati-hati, Geng. Kenapa?

Katanya kulit wajah kering lebih mudah menimbulkan kerutan di wajah. Oh no…

Terakhir, jika kita tidak merasakan ketiga penjelasan tadi, berarti kulit wajah kita normal. Meski begitu, bukan berarti tidak butuh perawatan ya, Girls.

Dan ingat ya, Geng! Sebagai pemula, kita harus mengetahui bahwa skincare untuk setiap jenis kulit itu berbeda-beda. Kita tidak bisa menyama-ratakan semua perawatan kulit. Cemiau…

2. Identifikasi Permasalahan Kulit

Kita sudah mengetahui bagaimana jenis kulit kita. Selanjutnya adalah kita harus mencari tahu apa masalah kulit kita.

Hal ini bisa saja terlihat dari apa yang ditampakkan oleh wajah. Misal, apakah kulit kita berjerawat, kusam dan lain sebagainya.

Nah, permasalahan inilah yang akan kita jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk perawatan. Jadi, kita tidak bisa asal memilih produk ya, Geng. Hehehe…

3. Tetapkan Berapa Budget Pembelian

Tips ketiga saat kita akan memilih skincare untuk pemula adalah menetapkan berapa budget yang kita miliki.

Ada banyak produk skincare yang menawarkan perawatan untuk setiap jenis kulit dan permasalahannya. Mulai dari yang local sampai yang import. Pun dengan harga yang murah sampai mahalnya bikin kantong bolong.

Nah lho, andai kita keturunan bangsawan yang uangnya tidak berseri sih tidak masalah jika mengabaikan tips ini. Kalau tidak ya harap mencatat baik-baik berapa besaran dana yang akan kita gunakan ya, Girls. Hehehe…

4. Pilih Basic Skincare Terlebih Dahulu

Namanya juga memilih skincare untuk pemula, sudah barang tentu kita harus mengetahui perawatan apa saja yang kita perlukan. Nanti kita bahas secara detail ya, apa saja basic skincare yang kita butuhkan ya, Girls.

Jadi, tunggu saja artikel kami selanjutnya. Hanya di Journal-Yuni.

5. Perhatikan Komposisi Bahan

Sebelum Membeli Produk, kita wajib membaca komposisi bahannya. Barangkali ada teman-teman yang alergi terhadap bahan tertentu. Ini bisa jadi sebagai pencegahan awal ‘kan?

Atau mungkin, ada teman yang tidak ingin menggunakan produk dengan bahan kimia berbahaya. Bukankah kita harus membaca dan mengenali bahan aktifnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Jadi, kita bisa memperkecil kemungkinan membeli produk yang salah. Sayang lho, jika sudah terlanjur membeli produk tapi tidak terpakai karena tidak cocok dan lain sebagainya.

6. Membaca Review Produk yang Akan Dibeli

Oh iya nih, kita juga perlu meluangkan waktu untuk membaca review produk yang akan kita beli lho. Meski reaksi setiap orang atas pemakaiannya berbeda-beda. Tapi tetap saja, kita bisa mengetahui apakah produk tersebut bisa cocok dengan jenis kulit yang kita miliki atau tidak.

7. Jangan Ikut-ikutan

Terakhir menurut saya adalah jangan sekali ikut-ikutan. Misal teman kita memakai produk A. Kulitnya jadi glowing, sehat dan cerah. Lantas kita latah ingin menggunakan produk itu.

Mungkin bisa jadi, kita akan cocok dengan reaksinya. Namun, jika tidak cocok, bagaimana? Lagi pula, ada banyak pertimbangan yang bisa kita pikirkan daripada sekedar mengikuti pilihan teman. Betul tidak, Gaes?

Nah, itu tadi 7 tips yang bisa saya bagikan sebelum teman-teman memilih skincare untuk pemula. Bisa jadi kalian memiliki tips yang lain, boleh lho share di kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Siapa tahu saja ada yang teman-teman lain yang membutuhkan informasi ini. ‘Kan kita bisa membantu.

Jadi, bagaimana? Apa kalian sudah memutuskan akan menggunakan skincare merk apa? Yuk, share pengalaman kita merawat kulit!

Journal-Yuni
Every Woman Has Their Own Beauty

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *