Kenali Make Up Mata yang Wajib Bagi Para Pemula

kenali make up mata

Kenali Make Up Mata – Sebagai cewek, adalah hal yang wajar jika menginginkan dirinya menjadi cantik. Makanya, beberapa di antara kita bahkan rela merogoh kocek untuk membeli peralatan tempur tersebut. Meski kecantikan wanita nggak selalu tentang wajah yang rupawan.

Bagi para beauty enthusiast, membedakan make up untuk mata, pipi, hidung dan bibir menjadi hal yang mudah. Namun, nggak bagi pemula.

Kita belum tentu memahami nama make up untuk kelopak mata bawah. Atau apa yang sebaiknya digunakan untuk mempercantik tampilan alis? Bagaimana mempertegas bentuk mata dan lain sebagainya.

Tapi jangan khawatir, Girls! Kali ini kita akan mengenalkan beberapa tools make up untuk mata pada kalian.

Nama Make Up Mata

Meski hanya mata, ternyata ada 7 tools untuk meriasnya. Kita bisa memilih salah satu yang ingin kita miliki.

1. Eyebrow Pencil

Pensil alis berfungsi untuk membuat tampilan alis kita menjadi tampak tebal. Tools ini sangat cocok untuk kita yang memiliki alis tipis.

Tapi hati-hati ya, Geng! Nggak semua cewek bisa menggunakan tools ini. Bukannya cantik, banyak juga yang malah terlihat aneh.

Katanya, mereka malah terlihat seperti sinchan saat mempertebal tampilan alisnya. Kita nggak mau dong jadi bahan tertawaan? Hehehe…

2. Eyeshadow

eyeshadow adalan nama make up mata untuk memberi warna
source: freepik.com

Kita mengenal tools ini untuk memberi warna pada kelopak mata. Sehingga, mata akan tampak segar seketika.

Tapi, kita nggak cukup mengetahui cara make up mata dengan eyeshadow saja. Kita juga harus mengetahui apa kombinasi warna yang pas agar terlihat lebih menarik. Bukannya seperti habis ditonjok atau menor. Hehehe…

Kita bisa membeli eyeshadow palet yang memiliki kombinasi 3 warna saja. Itu bisa membuat make up mata natural ketimbang palet yang memiliki banyak warna.

3. Eyeliner

eyeliner adalah nama make up mata untuk mempertegas bentuk mata
source: freepik.com

Aku paling menyukai tools make up ini. Dan bagi pemula, sebaiknya menggunakan eyeliner yang berbentuk pensil. Karena menurutku lebih mudah menggunakannya daripada eyeliner cair.

Tools ini merupakan jenis kosmetik untuk mempertegas bentuk mata. Biasanya menjadi favorit para cewek untuk mempercantik tampilan matanya.

Makanya, kosmetik ini akan sangat berguna untuk kita yang merasa kurang percaya diri dengan bentuk matanya. Kita tinggal menggoreskan eyeliner sesuai dengan bentuk mata saja.

Terlihat mudah. Tapi percayalah! Pengaplikasiannya nggak semudah yang kita bayangkan. Hehehe…

4. Mascara

Maskara adalah nama make up mata untuk melentikkan bulu mata
source: freepik.com

Maskara berfungsi menebalkan dan memperpanjang bulu mata agar terlihat lentik. Sehingga penggunaanya menjadi nggak kalah penting dalam usaha untuk mempercantik tampilan mata kita.

Aku lebih menyukai maskara yang waterproof. Saat terkena hujan dan air mata, dia nggak akan mudah luntur.

Tapi, aku nggak bisa menggunakannya untuk waktu yang lama. Mataku bisa perih. Makanya, aku hanya menggunakan kosmetik ini pada acara-acara tertentu.

5. Eye primer

Biasanya digunakan sebagai base make up mata. Produk ini berfungsi sebagai berikut:
1. Membuat warna eyeshadom semakin pigmented.
2. Mengurangi minyak yang ada di kelopak mata.
3. Membuat riasan mata kita menjadi tahan lama.

Tapi, ini bukanlah jenis kosmetik yang wajib kita miliki ya. Kita bisa menggantinya dengan concealer atau foundation.

Cara memakainya pun mudah. Kita hanya cukup mengulaskan sedikit dan meratakannya di kelopak mata kita.

6. Concealer

Produk ini sepaket dengan eye primer. Dimana concealer merupakan nama make up untuk menutupi mata panda atau kantung mata.

7. Bulu Mata

Terakhir adalah bulu mata. Produk ini hanya untuk melengkapi. Itu pun jika kita merasa kurang maksimal dengan penggunaan maskara. Dan biasanya hanya digunakan pada acara-acara khusus yang membutuhkan riasan make up lengkap. Selebihnya, ada cewek yang nggak merasa perlu menggunakannya.

Kesimpulan

Kita bisa mempercantik tampilan mata kita. Mempertegas bentuk mata. Memanjangkan bulu mata. Bahkan melukis alis.

Hal ini tentu memerlukan bantuan beberapa tools yang baru saja kita bahas. Tapi, nggak semuanya harus kita miliki. Meski akan lebih baik jika kita bisa melengkapinya.

Toh, ada yang bisa digantikan tugasnya. Misal, kita bisa mengganti eye primer dengan concealer. Atau kita bisa menggunakan pensil alis sebagai eyeliner.

Tapi, hati-hati dengan pemilihan warna eyeshadow ya, Girls. Jangan sampai terlalu menor atau glamour untuk acara-acara yang santai. Jadi, mari kenali make up mata untuk pemula! Cemiau…

17 Comments

  1. Setuju mba, nggak ada rumus pasti tentang make up. Jadi sekreatif kita aja, asal nyaman dan PD. Pernah juga ngrasain lupa bawa eyebrow, jadilah bikin alis pake eyeshadow. Okey2 aja kok. Hahaha

  2. Sehari-hari aku tak pernah memakai ke-7 nya mba..jadi bisa dikata aku ini awam banget perkosmetikan, haha.. Tapi di antara semuanya yg paling menyiksaku adlh saat dipakein (iya..dipakein karena blas g bisa make sendiri) eye liner, lalu bulu mata dan maskara. Lain kali mesti baca2 tutorial di sini sepertinya..

  3. Hai Yuni, salam kenal!
    Aku sendiri sekarang cuma pakai eyeliner dan maskara aja, itu juga kalo lagi niat. Padahal banyakan nggak niatnya dan biarin aja mata begini apa adanya. Wkwkwkwk.

  4. Make up bagian mata aku paling ga pinter mbak sejak dulu mbak. Sampe sekarang andalan aku kalo bagian mata cuma pake celak aja. Tapi pengen sih belajar make up bagian mata ni

  5. Aku paling suka pakai eyeliner dan maskara, kayaknya jadi beautiful banget kalau berhasil bikin eyeliner rapi hahaha..eyeshadow ini yang udah kursus berapa kali nggak bisa-bisa juga hihii

  6. Aku kok pernah pakai hanya yang nomer 1 dan 2 aja ya hehehe… Sampai sekarang lho nyobain pake eyeliner ga bisa-bisa. Terutama saat hendak menyapukannya ke mata bagian kiri, mata kananku kan minusnya banyak, jadi ga keliatan meskipun udah mepet ke kaca. :))

  7. Mbak percaya atau tidak aku nggak pernah pake ketujuhnya eheheeh
    terakhir pake jaman nikah, karena memang nggak bisa dandan dan pake kacamata. Kadang kan kecentok kacamata jadinya nggak nyaman. Tapi semoga suatu saat bisa belajar. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *