4 Tips Simple untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit – Siapa sih yang nggak ingin punya kulit sehat dan terawat? Bahkan para cewek seolah berlomba siapa yang memiliki kulit paling glowing. Makanya nggak heran jika penjualan skincare semakin meningkat saja. Wong, kesehatan kulit sangat erat kaitannya dengan penggunaan skincare. Iya nggak?

Namun, mempertahankan kulit yang sehat sungguh bukan perkara mudah. Ada aja rintangan yang menghalangi. Terlebih yang datang dari dalam diri kita. Rasa malas menjaga kulit misalnya.

Menurut salah satu laman website kesehatan terkemuka mengatakan bahwa kulit melakukan regenerasi setiap 27 hari. Regenerasi menjadi lebih baik atau buruk bergantung dari berbagai faktor. Agar perubahan kulit selalu baik, sebaiknya kita menghindari semua faktor yang menyebabkan kerusakan kulit.

Faktor Penyebab Kerusakan Kulit

Menurut Teman-teman, penting nggak sih merawat kesehatan kulit?

Kulit kan organ tubuh paling luar tuh. Makanya dia rentan banget terkena kontaminasi kotoran. Kalau sudah begitu maka kesehatannya akan mudah terganggu. Dan kadang kondisi begini membuat kita kehilangan rasa percaya diri.

Jadi, menurutku menjaga kulit tetap sehat itu penting banget. Kalau sudah begitu, kita perlu tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kerusakan kulit, seperti bertambahnya usia, paparan sinar matahari secara langsung, kebiasaan merokok dan polusi udara serta paparan bahan kimia.

1. Pertambahan Usia

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin sedikit. Selain itu, keelastisan kulit juga cenderung berkurang. Ini nggak bisa dihilangkan. Kita hanya bisa memberikan asupan kolagen, vitamin dan mineral dari luar untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

2. Sering Terpapar Sinar Matahari secara Langsung

Aku pernah bekerja di perkebunan kelapa sawit dan menjadi seorang planter. Saat mengecek lahan, aku jarang menggunakan pelindung kulit. Sehingga, kulitku sering terpanggang sinar matahari. Hasilnya gosong dan burik banget. Iyuh.

Tahu nggak, Gaes? Sinar matahari itu mengandung sinar ultraviolet (UV) dan radikal bebas. Mereka ini memiliki sifat merusak kolagen dan elastin. Dimana elastin merupakan protein dalam jaringan kulit yang memiliki andil besar dalam kekenyalan dan kelembutan kulit.

Selain itu, sinar UV juga berdampak pada pigmentasi atau warna kulit lho. Efek terburuknya adalah dapat memicu kemunculan keriput, bintik-bintik cokelat, bahkan risiko kanker kulit. Hiii… Serem kan?

3. Kebiasaan Merokok dan Polusi Udara

Kita nggak akan bisa menjaga kesehatan kulit jika memiliki kebiasaan merokok dan sering berjibaku dengan polusi udara. Mengapa?

Karena kedua hal ini bisa mengurangi kandungan kolagen dalam kulit. Selain itu, mereka juga bisa mempercepat penuaan kulit lho.

4. Sering Terpapar Bahan Kimia bisa Menyebabkan Kerusakan Kulit

Faktor lainnya yang sering mengganggu kesehatan kulit adalah paparan bahan kimia. Hal ini bisa menimbulkan iritasi dan alergi. Apalagi bagi kulit yang sangat sensitive. Makanya, kita perlu menghindari kontak dengan bahan kimia dengan cara menggunakan pelindung atau mengganti produk yang nggak bikin iritasi.

Jelas kan, merawat kesehatan kulit itu nggak gampang, Gaes. Banyak banget rintangannya. Tapi bukan berarti nggak bisa. Ada beberapa tips simple yang bisa kita gunakan untuk menjaga kulit kita agar tetap sehat.

4 Tips Simple untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kerusakan kulit perlu kita hindari dengan beberapa upaya, seperti minum air putih yang cukup, rutin menggunakan skincare, mengonsumsi buah dan sayur juga penggunaan sunscreen. Semua itu adalah tips simple yang bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Minum Air Putih yang Cukup bisa Menjaga Kesehatan Kulit

Teman-teman pernah merasa bedak nggak bisa menempel dengan sempurna? Usut punya usut, katanya itu karena kulit kita kering lho. Kalau sudah kering, maka akan banyak masalah kulit yang timbul nantinya.

Jadi, pastikan kita minum air putih yang cukup ya! Agar kelembaban kulit kita tetap terjaga.

2. Rutin Menggunakan Skincare

Sebelum menjaga kesehatan kulit, kita kudu menyayangi kulit juga kan. Salah satu caranya dengan melakukan perawatan rutin dengan skincare. Hal ini bisa mengembalikan kelembaban dan menjaga kekeringan kulit juga.

3. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Kesehatan kulit dapat kita jaga dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tahu nggak, Gaes? Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah dan sayur dapat membuat kulit kita menjadi tampak sehat dan lebih muda lho.

4. Lindungi Kulit dengan Sunscreen Agar Kulit Tetap Sehat

Salah satu factor penyebab kerusakan kulit adalah paparan sinar matahari secara langsung. Sehingga kita bisa menjaga kulit dengan nggak main-main di bawah matahari langsung. Kalau pun terpaksa keluar rumah ya kita harus menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit.

Tips Simple Menjaga Kesehatan Kulit

Merawat kesehatan kulit itu sangat penting ya, Gaes. Kita bisa mengikuti tips simple di atas. Jangan lupa untuk rutin berolahraga juga ya. Karena ketika badan sehat maka semuanya akan terlihat sehat termasuk kulit dong.

Semoga bermanfaat.

10 Comments

  1. Benar banget Mbak, dl saat aku lg diet ya, kan makan sayur buah dn rajin minum air putih. Itu yang namanya jeriwi nggak ada yg nongol. Mana halis banget kulit pas dipegang. Eh skg sudah tidak diet lagi, jadi nongol jerawat2nya.

  2. Saya termasuk skincare addict,hehehe. Kayaknya kalau belum skincare-an ada yang kurang gitu. Tapi memang terasa banget sih perbedaannya saat rajin skincare-an sama pas lagi malas. Kulit terasa lebih sehat kalau lagi rajin. Tapi tentunya asupan dari dalamnya juga harus bagus sih dan jangan begadang. Saya kalau begadang, mukanya langsung jadi ladang jerawat,wkwkwk

  3. Terkait masalah kolagen, ada enggak ya makanan atau minuman yang mengandung kolagen. Kalau buah atau sayur-sayuran, yang manjur untuk kulit apa ya? Saya termasuk yang berusaha untuk selalu minum air putih dan mengkonsumsi sayur serta buah

  4. Tips jaga kulit dan apa yang harus dilakukan dari penjelasan kak yuni di atas sangat lengkap. Saya memang cukup memperhaikan masalah kesehatan kulit ya kak. Tips saya perbanyak olahraga juga supaya otot-otot di sekitar kulit juga jadi kencang. Terus minum air putih dan buah-buahan, sayur hijau memang bagus.

  5. Daripada polesan makeup saya lebih pilih kulit sehat terawat. Karena kalau kulit sehat bakal bagus dipoles apa saja meski enggak macam-macam gayanya. Tips yang simple untuk menjaga kesehatan kulit ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *