Tugas Blogger dalam Strategi Digital Marketing

Tugas Blogger dalam Strategi Digital Marketing

3 tahun belakangan ini, aku aktif menulis di blog. Salah satu blogku berada di bawah naungan platform blogger milik Google. Namanya blog Yuni Bint Saniro dan Murid Blogspot. Eh, dua blog maksudnya ya. Hehehe….

Awal ngeblog, aku mengisinya dengan konten-konten fiksi berupa cerita bersambung, cerpen dan review novel yang sudah pernah kubaca. Lalu seiring berjalannya waktu, aku mulai mengisi blogku dengan beragam informasi dan konten yang bermanfaat.

Kadang aku menuliskan kegalauan hati, pengalaman sendiri, tips dan trik, review produk atau layanan, liputan acara dan lain-lain. Beberapa waktu lalu, aku bahkan ikut serta meliput salah satu bisnis klien Indscript Creative Bandung lho.

Jadi, nggak masalah kali ya. Kalau aku menyebut diriku sendiri sebagai blogger. Apa itu blogger?

Pengertian Blogger

Blogger adalah seorang yang menulis konten untuk blog. Mau itu konten tentang fiksi atau nonfiksi. Hal yang paling penting adalah kontennya berupa tulisan. Mungkin boleh kita tambahkan gambar dan video untuk membuatnya tampak lebih menarik dan informatif.

Blogger mempunyai beberapa tugas, baik sebagai profesinya sendiri mau pun dalam strategi digital marketing. Tugas blogger sebagai profesinya meliputi beberapa hal, sebagai berikut:

  1. Semua aktifitas membuat konten, mulai dari riset kata kunci sampai penulisan artikel.
  2. Publikasi konten.
  3. Optimasi SEO.
  4. Setting tampilan blognya.
  5. Dan lain-lain.

Agar tulisanku semakin menarik dan bermanfaat untuk orang lain, aku pun belajar dengan membaca tips menulis yang Teh Indari Mastuti bagikan melalui akun media sosialnya. Beliau adalah seorang penulis sekaligus pebisnis yang sukses. Rasanya sudah banyak sekali klien yang menggunakan jasanya.

Tugas Blogger dalam Strategi Digital Marketing

Peran Blogger dalam Strategi Digital Marketing
Peran dan Tugas Blogger dalam Strategi Digital Marketing

Saat ini urusan marketing sudah banyak beralih pada dunia digital. Bagi pelaku bisnis yang nggak segera beradaptasi dengan digital. Maka harus bersiap-siap dengan usaha yang lebih gigih lagi dalam urusan pemasaran.

Kita, khususnya yang mengaku sebagai seorang blogger, harus paham apa saja tugas blogger dalam strategi digital marketing. Coba cek penjelasannya berikut ini:

1. Mendukung Perkembangan Bisnis dengan Konten Berkualitas

Beberapa pelaku bisnis kadang menggunakan jasa liputan blogger Indscript untuk membuat konten yang bagus untuk perkembangan bisnis mereka. Seperti yang kuikuti beberapa waktu lalu.

Aku dan beberapa blogger lain yang tergabung dalam komunitas Indscript Creative meliput tentang Klinik Kehamilan Sehat. Kami membuat artikel-artikel yang bermanfaat dengan informasi yang bisa dipertanggung-jawabkan. Karena semua informasinya berdasarkan hasil liputan melalui daring bersama CEO-nya langsung. Bapak Agus Jatmiko Soegiarto.

Selain itu, aku juga pernah meliput tentang solusi pinjaman praktis untuk pelaku UMKM lho. Ini juga hasil liputan bersama direkturnya langsung dong.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Sharing Pengalaman 

Personal blogger sepertiku, biasanya lebih suka berbagi tulisan mengenai pengalaman. Menurutku pribadi sih lebih jujur karena berdasarkan apa yang pernah kita alami. Sehingga, artikel yang kita buat jadi unik.

Salah satu contohnya, aku meniru Teh Indari Mastuti yang menampilkan landing page di bio media sosialnya untuk personal branding. Lantas aku menuliskannya sebagai pengalaman dan hasil liputan dari platform landing page yang kugunakan. Tulisannya adalah tentang belajar digital marketing bersama Denny Santoso dengan Tribelio Page ya.

Bacaan Menarik Lainnya:

Bukankah tulisanku ini akan bermanfaat untuk Teman-teman lain yang ingin meningkatkan brand awareness atau pun personal branding-nya? Sehingga sharing pengalaman juga menjadi salah satu tugas blogger dalam strategi digital marketing.

3. Memberikan Review Jujur Terkait Suatu Produk atau Layanan

Saat ingin membeli suatu produk, aku biasanya mencari review atau ulasan penggunaan produknya terlebih dahulu. Akan lebih baik kalau ulasannya lengkap dan berdasarkan pengalaman pemakaian sendiri. Jadi, tulisan itu bisa meyakinkan calon pembeli sepertiku untuk membeli produknya.

Kadang kala blogger juga menuliskan review atau ulasan produk di platform media sosial yang dimiliki, temasuk blog. Tugas blogger adalah menuliskan ulasan tersebut dengan jujur. Meski, kondisi setiap orang nggak sama. Seenggaknya sebagai blogger, kita juga harus menjelaskan kondisi yang ada pada diri kita.

Bacaan Menarik Lainnya:

Beberapa perusahaan bisa bekerja sama dengan blogger untuk membuat liputan pemakaian produk mereka. Dengan begitu, perusahaan bisa mencapai tujuannya yaitu meningkatkan brand awareness dan nilai penjualan produk.

Kebetulan Indscript Creative Bandung juga menyediakan jasa liputan blogger. Teman-teman pemilik usaha bisa menghubungi tim mereka untuk bisa menggunakan jasa tersebut ya!

4. Meningkatkan Performa Website

Tugas blogger dalam strategi digital marketing lainnya adalah meningkatkan performa website bisnis. Dengan cara melakukan link building agar memperkuat SEO di mesin penelusuran.

Hal ini tentu akan sangat membantu para pelaku bisnis untuk mempercepat kemajuan bisnisnya. Karena jika rank website bisnis sudah bagus di mesin penelusuran, maka akan mudah mengundang traffic organik termasuk pelanggan baru untuk bisnis.

Coba deh kenalan dulu dengan jasa liputan blogger Indscript! Biar semakin yakin untuk memanfaatkan jasanya dalam strategi digital marketing.

Jasa Liputan Blogger Indscript

Indscript Creative adalah perusahaan yang fokus di bidang bisnis dan kepenulisan. Mereka memiliki wadah untuk para ibu-ibu yang doyan bisnis dan nulis di beberapa komunitas.

Selain itu, Teh Indari Mastuti, selaku ownernya pun melengkapi dengan menyediakan beberapa jasa, termasuk jasa liputan blogger.

Keunggulan Blogger Indscript

Jasa liputan blogger Indscript memiliki beberapa keunggulan yang bagus untuk strategi digital marketing. Nggak heran jika banyak klien yang sudah memanfaatkannya.

Keunggulan blogger Indscript adalah sebagai berikut:

  1. Ada ratusan blogger yang siap meliput dan membuat konten yang bagus untuk perkembangan bisnis.
  2. Mau liputan secara offline atau online nggak masalah.
  3. Blogger tersebar di berbagai kota.
  4. Nggak hanya punya blog pribadi, tapi banyak bloggernya yang punya akses ke portal berita lainnya, seperti kompasiana dan lain-lain.
  5. Konten liputan akan diposting maksimal 4×24 jam.
  6. Jasanya telah digunakan sejak tahun 2014 oleh berbagai tokoh dan profesi.

Tugas blogger dalam strategi digital marketing emang nggak bisa dianggap remeh. Karena itulah sebagai blogger, kita harus berusaha agar konten yang kita buat bisa meningkatkan perkembangan bisnis klien.

Buat pemilik bisnis yang ingin menggunakan jasa blogger bisa langsung klik jasa liputan blogger Indscript ya. Ownernya mashaAllah baik sekali lho.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.