5 Platform yang Bagus untuk Sosial Media Marketing

platform untuk Sosial Media Marketing

Sosial Media Marketing merupakan satu bentuk pemasaran yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat dan tindakan akan merk, bisnis, produk atau entitas lainnya yang dilakukan dengan menggunakan sosial media. Gunelius (2011:10).

Jaman dulu, kita mengenal pasar sebagai tempat berkumpulnya penjual dan pembeli. Maksudnya, pedagang menggelar lapaknya di pasar. Mereka menawarkan dagangannya dengan seruan, ajakan bahkan rayuan.

Lalu pembeli akan mendatangi mereka. Memilah dan memilih barang yang dibutuhkan. Lantas membeli jika ada yang cocok. Baik harga mau pun kebutuhannya.

Kemudian waktu berlalu. Teknologi juga semakin canggih. Para pedagang mulai belajar untuk memajukan usahanya.

Mereka melakukan banyak hal. Mulai dari diversifiksai produk sampai merenovasi lokasi agar menarik minat pengunjung. Para pedagang pun mulai membuat kemasan yang bagus sebagai usaha mengenalkan brandnya.

Setelah semua usaha tersebut, muncul tantangan lain. Yaitu bagaimana mendistribusikan produk hingga sampai ke konsumen? Kalau bisa, kegiatan promosi dengan menggunakan dana yang nggak banyak.

Maka, salah satu jalan yang mudah adalah melalui sosial media marketing.

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sosial Media Marketing merupakan satu bentuk pemasaran yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat dan tindakan akan merk, bisnis, produk atau entitas lainnya yang dilakukan dengan menggunakan sosial media. Gunelius (2011:10).

Coba deh kita memperhatikan data hasil survey pertumbuhan sosial media di Indonesia!

Pengguna Sosial Media
Data Pengguna Internet dan Sosial Media di Indonesia. Sumber: www.wearesocial.com

Pada bulan Januari 2020, data menunjukkan ada 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Dimana 160 jutanya merupakan pengguna sosial media yang aktif. Bukankah ini berarti sosial media masih memiliki peluang yang besar sebagai tempat pemasaran bagi para pebisnis?

Hanya saja, kita perlu mengetahui platfoarm apa yang digunakan oleh sebagian besar pengguna sosial media tersebut. Maksudnya, kita mungkin bisa menggunakan semua platfoarm sebagai sarana marketing yang akan kita jalankan.

Tapi, apa hasilnya bisa maksimal? Apa kita nggak akan merasa kerepotan nantinya? Terus, apa nggak lebih baik jika kita memilih salah satu platfoarm dan mengoptimalkan penggunaannya. Tentu saja, kita akan memilih platfoarm yang paling banyak digunakan.

5 Platform yang Paling Banyak Digunakan dan Bagus untuk Sosial Media Marketing

platform media sosial
Platform Sosial Media yang Paling Banyak Digunakan, Sumber: www.wearesocial.com

Hasil survey pengguna media sosial menunjukkan ada lima platform yang paling banyak digunakan. Diantaranya:

1. Youtube

Coba kalian menyebutkan siapa youtuber yang paling kalian sukai! Penghasilan mereka paling besar hitungannya adalah milyar, kayak si Atta Halilintar. Bukan lagi ratusan juta. Padahal kontentnya ya tentang prank (ngerjain orang).

Memang sih. Bukan hal mudah untuk bisa menjadi seperti Atta Halilintar. Kita membutuhkan passion dan ketekunan membangun channel kita. Membuat kontent yang bagus.

Nah lho! Ketika channel kita sudah mendapatkan banyak subscriber, kita bisa mempromosikan dagangan sesekali. Apalagi kalau ternyata para subscriber kita memang target market yang pas untuk produk tersebut.

Wah, berdagang di Youtube akan semakin gurih dong.

2. Whatsapp

Platform terbanyak kedua adalah whatsapp. Platform ini merupakan aplikasi pesan instant yang memang banyak penggunanya.

Kita bisa membagikan dagangan kita sebagai status. Kemudian kontak calon customer yang telah kita simpan akan melihat status kita. Lalu membeli jika merasa cocok dengan produk tersebut.

3. Facebook

Selanjutnya adalah aplikasi facebook. Ada banyak sekali penggunanya. Bahkan menurut hasil survey, pengguna facebook mencapai 130 juta pada bulan januari 2020.

Bukankah ini menjadi sumber potensial yang bisa kita gunakan sebagai sosial media marketing? Bahkan Telkomsel menempatkan Chatbot Veronika di aplikasi ini. Jadi, kita hanya perlu mengunggah gambar produk kita dengan kontent yang menarik. Lalu membiarkan kontent kita mencari siapa yang tertarik padanya.

Tentu saja, ini bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi dengan algoritma facebook yang kadang berubah dan sangat sensitif.

Maksudnya, kontent yang teridentifikasi sebagai jualan akan dibatasi. Makanya, kita harus lebih kreatif dalam membuat kontent. Semacam membuat copy writting atau teknik covert selling gitu deh.

4. Instagram

Kita mengenal aplikasi instagram sebagai aplikasi untuk membagikan foto-foto keren. Kita bisa memberi simbol love pada foto yang kita sukai. Mengomentarinya dan memfollow si pengupload agar nggak ketinggalan postingan selanjutnya.

Ada banyak pengguna aktif di sana. Kita bisa membagikan foto produk yang kita miliki dan mengumpulkan banyak pengguna yang membutuhkannya.

Apalagi kalau ternyata kita memiliki banyak follower. Maka mudah saja membuat instagram menjadi bagian dari sosial media marketing.

5. Twitter

Platform terbanyak kelima adalah Twitter. Platform ini memungkinkan kita membuat cuitan dengan jumlah karakter yang terbatas.

Tapi jangan khawatir! Kita bisa membuat sebuah thread jika ingin memberikan edukasi produk. Tentu menggunakan bahasa yang ringan khas anak twitter. Sehingga sosial media marketing melalui platform ini masih mungkin kita lakukan.

Itulah kelima platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di bulan Januari 2020. Apakah masih ada media sosial lainnya?

Ada dong. Masih ada Line, Tiktok dan lain sebagainya. Kita bisa bebas memilih platforma mana pun yang sesuai dengan keinginan kita.

Kesimpulan

Pandemi memang mengubah gaya hidup sebagian besar penduduk. Termasuk di bidang perdagangan. Para pebisnis harus mengeluarkan semua kreativitasnya demi kelanjutan usaha mereka.

Salah satunya adalah menggunakan sosial media marketing. Sehingga penting sekali mengetahui platform yang paling banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet. Agar target marketnya juga semakin luas.

11 Comments

    1. Banyak pihak memang menggunakan facebook untuk sharing informasi. Dan itu bisa jadi bermanfaat untuk orang lain. Namun, banyak juga lho kak yang menjadikan facebook sebagai ajang curhat dan jualan. Hehehee

  1. Waaah, kurang satu niih Blog dan website mas… walaupun masih kalah sih sama yang diatas, tapi kalo udah dijalani jangan salah penghasilan website dan blog bisa melebihi youtube… coba nih salah satu blog Kesehatan ane opindice.com

    1. Hehehe… Sebenarnya benar juga. Hanya saja, 5 platform ini yang banyak dipilih sama audience.

      Saya juga sepakat dengan pendapat bahwa optimasi blog atau website yang baik juga bisa mengalahkan youtube. Semangat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *