Tips Memulai Bisnis Klinik Kecantikan

Tips Memulai Bisnis Klinik Kecantikan dengan Pinjaman Uang di Bank

Journal Yuni – Membuka klinik kecantikan memang membutuhkan modal yang cukup besar, solusinya anda bisa mengajukan pinjaman uang di bank untuk mendapatkan dana tambahan. Pada dasarnya tidak hanya modal berupa materi, anda juga membutuhkan perizinan atau lisensi untuk menjalankannya.

Mengurus perizinan klinik kecantikan sebenarnya tidak sulit jika anda tahu apa saja persyaratannya dan bagaimana langkah-langkahnya. Namun yang paling utama adalah kita perlu mempersiapkan beberapa hal antara lain tempat, perlengkapan dan peralatan, dan sarana lainnya. Untuk membeli dan mempersiapkan fasilitas tersebut anda bisa menggunakan pinjaman uang di bank.

Bacaan Menarik Lainnya: Sejuta Penulis dan Sejuta Pebisnis

Tips Memulai Bisnis Klinik Kecantikan Menggunakan Pinjaman Uang di Bank

 

Bisnis Klinik Kecantikan
Sumber: www.pexels.com/photo/woman-doing-facial-mask-3212179/

Tren bisnis di bidang kecantikan bermula dari ketertarikan perempuan dalam mempercantik diri yang terus meningkat. Tentunya ini menjadi peluang bisnis yang tidak boleh kita lewatkan.

Membuka klinik kecantikan menggunakan pinjaman uang di bank menjadi ide yang tepat. Lalu bagaimana cara memulainya? Nah, berikut ini beberapa tips memulai bisnis klinik kecantikan dari awal.

1. Menentukan Lokasi yang Tepat

Lokasi tempat berdirinya klinik menjadi hal pertama yang harus anda pikirkan. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis jika memungkinkan cari lokasi yang berada di pusat kota. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah mencarinya. Untuk mempersiapkan tempat yang strategis anda bisa menggunakan pinjaman uang di bank untuk tambahan dana.

Pastikan juga luas bangunan tidak terlalu sempit, setidaknya berukuran 250 meter persegi. Desain interior bangunan juga perlu Anda perhatikan bila perlu gunakan jasa desain interior untuk mengubah suasana di dalamnya. Suasana klinik yang estetik dan nyaman akan memberikan kesan lebih di mata pelanggan.

2. Menentukan Target Pelanggan

Selanjutnya anda perlu menentukan target pelanggan yang akan disasar, jadi sebaiknya lakukan analisis terlebih dulu sebelum menetapkan segmen pelanggan yang akan diutamakan. Jika klinik kecantikan yang akan anda dirikan berada di kota kecil sebaiknya utamakan segmen pelanggan kelas menengah ke bawah.

Namun, jika modal yang ada cukup besar dan lokasi klinik tidak jauh dengan kota besar, sebaiknya pilihlah segmen kelas atas. Anda bisa menggunakan pinjaman uang di bank untuk mencari dana tambahan jika modal kurang.

Bacaan Menarik Lainnya: Hunian Nyaman dan Murah

3. Menyiapkan Fasilitas dan Peralatan

Menyiapkan fasilitas dan peralatan merupakan tahap yang cukup menguras kantong. Untuk membeli peralatan klinik kecantikan anda harus menyediakan anggaran yang besar. Oleh karenanya penting sekali mempersiapkan modal dari jauh-jauh hari.

Namun, jika modal yang disiapkan masih kurang, sebaiknya ajukan pinjaman uang di bank. Peralatan yang digunakan biasanya mengikuti dengan target pelanggan yang didasar. Semakin tinggi segmen yang anda targetkan tentunya memerlukan peralatan yang canggih dan mahal.

Beberapa peralatan dasar yang harus dipersiapkan untuk bisnis klinik kecantikan di antaranya:

  • Bed (tempat tidur)
  • Skin test (Alat untuk mengecek kesehatan kulit)
  • Steamer facial
  • Lampu facial
  • Dan alat-alat lainnya

Sebelum anda mengajukan pinjaman untuk membeli peralatan klinik kecantikan, sebaiknya lakukan simulasi pinjaman uang di bank. Supaya anda tahu berapa besaran angsuran yang harus terselesaikan setiap bulannya.

4. Mengurus Perizinan

Hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis klinik kecantikan yaitu perizinan dari Dinas Kesehatan atau instansi terkait. Berikut langkah-langkah mengurus surat perizinan untuk membuka klinik kecantikan:

  • Membuat Surat Permohonan

Selain modal hal utama yang perlu Anda miliki yaitu surat perizinan. Menurut beberapa orang mencari modal lebih mudah daripada mengurus perizinan. Karena modal bisa berasal dari pinjaman uang di bank atau investor.

Untuk mengurus perizinan anda harus membuat surat permohonan kepada Dinas Kesehatan di wilayah tersebut. Surat permohonan wajib menyertakan materai agar disetujui, serta Anda perlu melengkapi dengan beberapa dokumen, di antaranya:

  1. Jika didirikan oleh perseorangan maka perlu melampirkan fotokopi KTP, namun jika badan hukum (PT atau CV) yang mendirikan maka perlu dilampirkan fotokopi akta pendirian badan hukum
  2. Foto copy surat persetujuan lingkungan
  3. Foto copy IMB dan sertifikat tanah
  4. Siapkan foto copy perjanjian pengolahan sampah medik dengan pihak yang telah mendapat izin dan syarat pengolahan sampah medik

Bacaan Menarik Lainnya: Social Media Marketing

  • Melampirkan Informasi Terkait Penanggung Jawab Teknis Medis

Anda perlu menunjuk penanggung jawab teknis medis sebelum klinik berdiri. Berikut informasi yang harus ada dalam lampiran:

  1. Berkas yang menyatakan pengangkatan seorang pihak sebagai penanggung jawab teknis medis
  2. Berkas yang menyatakan kesanggupan pihak tersebut menjadi penanggung jawab teknis medis
  3. Fotokopi surat tanda registrasi dokter yang telah terlegalisasi konsil kedokteran Indonesia yang masih berlaku
  4. Fotokopi KTP
  5. Siapkan Fotokopi SIP
  6. Fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan
  • Melampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Mengikuti Peraturan

Pemilik dan penanggung jawab teknis medis harus menandatangani surat ini lengkap dengan materainya.

  • Melampirkan Jenis Layanan dan Tarif yang Ditawarkan

Anda juga perlu menyertakan daftar layanan beserta tarif yang akan Anda tawarkan ke pelanggan.

  • Melampirkan Fotokopi NPWP

NPWP yang bukan milik pribadi tapi NPWP yang dari kantor pajak setempat, jadi anda perlu mengurusnya terlebih dulu.

  • Melampirkan Daftar Kelengkapan Klinik

Anda juga perlu menyertakan daftar kelengkapan klinik, mulai dari peralatan, obat-obatan, denah lokasi bangunan, dan SOP yang mungkin Anda gunakan.

Jadi itulah beberapa tips memulai bisnis klinik kecantikan, sebelum anda mengajukan pinjaman untuk menambah modal. Kami bisa melakukan simulasi pinjaman uang di bank lebih dulu. Untuk mengukur kesanggupan dalam membayar angsurannya nanti.

DBS KTA Menjadi Solusi Pinjaman yang Tepat

Bank DBS Indonesia menghadirkan DBS KTA sebagai produk pinjaman tanpa agunan yang akan membantu urusan keuangan. Sebelum mengajukan pinjaman anda bisa melakukan simulasi pinjaman uang di bank untuk mengetahui besaran angsurannya.

Berikut kelebihan dari DBS KTA:

  • Dapatkan pinjaman hingga Rp300 juta
  • Suku bunga flat mulai 0,88 persen per bulan
  • Jangka waktu tenor hingga 36 bulan

Tunggu apalagi segera ajukan DBS KTA untuk mendapatkan pinjaman uang di bank dengan mudah dan pastinya aman. Anda bisa langsung mengunjungi website resminya untuk mengetahui persyaratan pengajuan selengkapnya.

Bacaan Menarik Lainnya: Cara Mengatur Keuangan Bagi Para Freelancer

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.