Investasi Obligasi Pemerintah

Ini 5 Keuntungan Investasi di Instrumen Obligasi Pemerintah

Journal Yuni – Instrumen investasi obligasi pemerintah saat ini semakin banyak dilirik. Tentu saja salah satu alasannya adalah jenis investasi ini bisa mendatangkan profit yang cukup menjanjikan. Sesuai dengan namanya, ini merupakan jenis surat utang yang diterbitkan oleh pihak pemerintah. Instrumen ini dinilai punya banyak kelebihan sehingga banyak orang memilih untuk meletakkan uangnya di aset tersebut.

Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah

Setiap instrumen investasi memang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tentu penting sekali bagi kamu untuk mempertimbangkan apa saja kelebihan dari aset tersebut yang bisa membuatmu lebih untung. Berikut adalah 5 keuntungan investasi obligasi pemerintah yang penting untuk diketahui:

Menerima Imbal Hasil

Jenis investasi ini bisa mendatangkan imbal hasil yang nilainya cukup memuaskan. Ini menjadi alasan utama banyak orang tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk surat utang. Kamu akan menerima imbal hasil dalam bentuk pembayaran kupon. Profit ini akan kamu dapatkan setiap bulan dan biasanya proses pencairan berkala sesuai ketentuan yang disepakati.

Kupon ini akan membuat kamu bisa mendapatkan profit tanpa harus melakukan jual beli aset. Imbal hasil dari kupon bisa kamu nikmati sebagai profit tetap dari investasi obligasi pemerintah. Ada dua jenis imbal hasil kupon yang dapat kamu terima yaitu kupon tetap (fixed rate) dan kupon dengan bunga mengambang (variable rate).

Capital Gain

Tak hanya bisa mendapatkan keuntungan dari imbal hasil kupon, kamu juga bisa menerima keuntungan dari capital gain. Capital gain ini merupakan keuntungan yang kamu dapat dari selisih harga jual dan beli aset. Jadi, kamu bisa menjual instrumen obligasi pemerintah ini dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Hanya saja memang dibutuhkan strategi yang tepat agar kamu bisa mendapat profit optimal melalui capital gain ini. Selain itu kamu juga harus mempertimbangkan baik-baik sebelum melakukan penjualan aset. Pastikan untuk lebih peka terhadap pergerakan harga sehingga kamu bisa mendapat profit yang memuaskan.

Terbilang Mudah

Banyak orang merekomendasikan jenis investasi ini karena terbilang mudah. Dikatakan mudah karena saat ini instrumen tersebut sudah bisa didapatkan di pasar sekunder. Artinya, transaksi jual beli dapat dilakukan kapan saja tanpa perlu menunggu adanya penawaran dari IPO atau Initial Public Offering.

Ditambah lagi saat ini sudah ada banyak platform digital yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi dengan mudah. Termasuk investasi dalam bentuk obligasi pemerintah ini. Kamu hanya perlu menemukan platform atau layanan yang tepat untuk memfasilitasi langkah investasimu dalam aset surat utang tersebut.

Bisa Berkontribusi untuk Pembangunan

Langkah investasi ini akan membuat kamu berkontribusi untuk pembangunan. Instrumen obligasi pemerintah biasa dikenal dengan nama SBN atau Surat Berharga Negara yang akan mendukung pembangunan nasional. Jadi dengan investasi ini kamu tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri tapi juga bagi negara.

Kapan lagi kamu bisa berkontribusi untuk negara tapi tetap menerima keuntungan untuk dirimu sendiri? Jika kamu ingin merasakannya, maka mulailah berinvestasi melalui instrumen ini. Jenis investasi ini akan memberikan manfaat yang lebih besar dalam jangka panjang karena berhubungan dengan pembangunan nasional.

 Memiliki Risiko Rendah

 

Resiko Investasi Obligasi Pemerintah
Sumber: www.istockphoto.com/id/foto/simbol-untuk-mengurangi-risiko-kubus-membentuk-kata-risk-sementara-tangan-mengubah-gm1155623694-314667662

 

Jenis investasi yang satu ini memiliki risiko yang terbilang rendah. Bahkan investasi ini sangat direkomendasikan di saat-saat genting maupun resesi. Obligasi pemerintah memiliki risiko rendah karena aman dan tidak ada risiko gagal bayar. Selain itu regulasi instrumen investasi ini juga sudah diatur di melalui Undang-Undang.

Saat ini ada banyak sekali pilihan investasi yang bisa kamu temukan. Namun banyak sekali yang hanya menawarkan profit abal-abal. Bahkan risikonya terbilang besar dan belum tentu aman. Sebaiknya kamu menghindari jenis investasi tersebut dan memilih yang pasti saja seperti obligasi ini.

Sebagai Freelancer, Kita Harus Tahu Gimana Cara Mengatur Keuangan

Investasi Obligasi Pemerintah Mudah dengan digibank by DBS

Apakah kamu semakin tertarik untuk berinvestasi di aset ini? Jenis investasi ini memang sangat menggiurkan namun kamu harus memilih platform yang tepat dan melakukan analisis secara matang. Pilihan platform yang tepat untuk membantu kamu melakukan investasi obligasi adalah digibank by DBS. Berikut ini beberapa keuntungan berinvestasi melalui digibank by DBS:

Imbal Hasil Tinggi

Investasi bersama digibank by DBS dalam bentuk surat utang ini bisa memberikan kamu imbal hasil yang tinggi. Nilai profitnya cukup menjanjikan yaitu 4,95 % p.a (per annum atau per tahun). Coba perhitungkan sendiri keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari imbal hasil ini.

Bisa Diperjualbelikan

Aset ini bisa kamu perjualbelikan dengan mudah dan praktis melalui digibank by DBS. Mulai tanggal 11 Juni 2022 mendatang, aset investasi dalam bentuk surat utang ini dapat kamu perjualbelikan sehingga menghasilkan keuntungan untukmu.

Bisa Cair Setiap Bulan

Instrumen investasi ini memang memberi banyak keuntungan. Salah satunya adalah nilai profit yang kamu dapat bisa kamu cairkan setiap bulan. Jadi kamu bisa menikmati profitnya dan menggunakannya untuk investasi lagi.

Ada Potensi Keuntungan

Investasi obligasi ini memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan. Salah satu sumber keuntungannya bisa kamu dapatkan saat aset tersebut terjual. Nilai keuntungannya adalah selisih dari harga beli dan jual aset.

Nilai Beli Terjangkau Mulai dari 1 Juta Rupiah

Kamu bisa membeli instrumen surat utang ini dengan harga yang terjangkau. Pembelian mulai dari angka Rp1 juta. Nantinya kamu bisa mendapatkan informasi harga lebih detail baik untuk instrumen investasi obligasi pemerintah maupun korporasi.

Melalui layanan digibank by DBS, kamu bisa dengan mudah melakukan investasi dalam bentuk aset surat utang ini. Kamu dapat menginvestasikan dana dalam instrumen obligasi pemerintah maupun korporasi. Pastikan kamu juga melakukan analisis yang matang sebelum mulai langkah investasi di instrumen tersebut.

Mau Investasi? Coba Investasi Obligasi Pemerintah deh!

Related Posts

5 thoughts on “Ini 5 Keuntungan Investasi di Instrumen Obligasi Pemerintah

  1. Ternyata bisa beli obligasi ya melaui DBS dan caranya lebih mudah, sudah lama tahu tentang obligasi pemerintah ini tapi belum pernah beli juga..imbal hasilnya lumayan ya…

  2. Kalau punya dana lebih emang invest obligasi lebih baik yaa akusii belum nyoba tapi dnegan pemaparan ini jadi paham sedikit banyak mana harga terjangkau pula mulai 1 juta aja, thx infonya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.