Resep Tempe Kriuk untuk Menu Sahur yang Praktis

Resep Tempe Kriuk untuk Menu Sahur yang Praktis

Journal Yuni – Ramadhan tiba. Ibu-ibu dan para anak kos yang terbiasa memasak sendiri mulai pusing memikirkan menu selama Ramadhan, khususnya menu sahur ya.

Tahu sendiri ‘kan kalau sahur tu susah banget untuk meningkatkan nafsu makan. Bawaannya mah malas terus. Pinginnya tetap berteman selimut dan bantal.

Sayangnya, kita ingat bahwa ada keberkahan dalam setiap makan sahur. Maka dari itu, malas atau nggak, biasanya aku berusaha untuk bangun dan makan sahur.

Sahur Enaknya Makan Apa?

Rumahku berada di pesisir pantai utara pulau Madura. Jadi hidangan ikan laut bukanlah hal yang asing bagi kami. Boleh dibilang itu adalah makanan kami sehari-hari.

Saat berbuka mungkin akan terasa nikmat jika makan olahan ikan. Tapi saat sahur jelas kondisinya akan berbeda.

Lagi pula, memasak ikan pada pukul setengah tiga pagi jelas ribet. Membersihkan ikannya saja masih butuh waktu.

Jadi, pas sahur enaknya makan apa dong? Yang masaknya nggak perlu ribet. Sebisa mungkin nggak perlu salah masukin garam atau gula malah lebih bagus.

Resep Praktis Tempe Kriuk untuk Menu Sahur

Kalau misalkan Teman-teman masih bingung dengan menu sahur dan buka puasa. Coba deh cek inspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan dengan klik banner berikut ini:

Resep Tempe Kriuk Di Sini
Untuk info lebih lanjut bisa klik banner atau kunjungi laman bit.ly/30harimenuramadhan

Asli. Bahan-bahannya itu mudah banget kita dapatkan. Bahkan mungkin kita bisa menemukan semuanya di tukang sayur langganan. Plus, kita nggak perlu bingung lagi menentukan mau masak apa buat sahur dan buka puasa keluarga.

Aku bakal share salah satu resep yang kucoba ya. Sebenarnya menu ini bukanlah menu baru ya. Sudah lama dan melegenda malah. Coba saja kita lihat! Ada banyak sekali penjual makanan ini dan menjadikannya favorit bagi pecinta gorengan.

Nah, aku baru saja dapat resep praktis tempe kriuk untuk menu sahur. Tapi, aku sengaja nggak potong tempenya terlalu tipis. Memang sengaja masak yang nggak terlalu garing.

Bahan untuk Membuat Tempe Kriuk

Bahan Tempe Kriuk
Dokumentasi Pribadi
  1. 1/2 Papan Tempe
  2. Kobe Tepung Tempe Kriuk 1 bungkus (70gr)
  3. 125 ml air
  4. 3 lembar daun jeruk. Iris halus daun jeruknya.
  5. Minyak goreng secukupnya.

Tuh ‘kan bahan-bahannya nggak terlalu ribet. Kita bisa temukan semua ini pada penjual sayur langganan. Betul nggak?

Cara Membuat Tempe Kriuk

  1. Iris tipis tempe atau sesuai selera, lalu goreng sampai matang dan kering lalu tiriskan.
  2. Mencampurkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air, aduk hingga larut.
  3. Tambahkan irisan daun jeruk dan aduk rata
  4. Masukkan tempe ke dalam adonan basah
  5. Goreng deh dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan sajikan pada piring saji. Nikmati selagi masih hangat.

Ini lho hasil masakanku hasil recook dari resep yang sempat kulihat dari inspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan yang ada di websitenya Dapur Kobe. Masaknya pun mudah. Kira-kira seperti yang kushare tadi.

Tempe Kriuk
Dokumentasi Pribadi

Teman-teman boleh berkreasi sesuka hati ya. Tapi pilihan tepungnya tetap Tepung Kobe lho. Kenapa?

Tepung Kobe dan Keunggulannya

Mungkin Teman-teman ada yang bertanya. Kenapa harus menggunakan Kobe Tepung Tempe Kriuk? Well, aku perlu menjelaskan sedikit mengenai produk ini ya!

Mengenal Tepung Kobe

Sebelumnya please, jangan salah mengira bahwa tepung ini berasal dari Jepang dulu ya! Coba tebak, apa sih kepanjangan Kobe dan taglinenya?

Kobe tuh akronim dari Kata Orang Banyak Enak. Sedangkan taglinenya adalah Kobe Ahlinya Tepung Bumbu!

Mereka memulai perjalanannya sejak tahun 1979. Awalnya sih hanya sebagai industri rumahan di Semarang. Produk pertamanya adalah Tepung Bumbu yang ternyata menjadi tepung bumbu pertama di Indonesia. Keren nggak tuh?

Saat ini ada enam varian Tepung Kobe, yaitu Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy, Kobe Tepung Bumbu Putih, Kobe Tepung Serbaguna, Kobe Tepung Bakwan & Perkedel dan Kobe Tepung Pisang Goreng Crispy.

Kita mah tinggal pilih mau masak apa. Kalau yang kushare tadi yaitu recook dari salah satu inspirasi menu 30 hari bulan Ramadhan adalah keripik tempe. Jadi, pakainya Kobe Tepung Tempe Kriuk ya.

Keunggulan Tepung Kobe

Pertanyaan selanjutnya adalah apa saja keunggulan tepung kobe? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Racikannya khusus membuat hasil gorengan tempe menjadi terbalur tepung crunchy dengan perpaduan rempah yang rasanya pas.
  2. Kaya akan gizi dan nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin B6, magnesium dan kalsium.
  3. Mengandung antioxidant isoflavon yang menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selamat mencoba!

Related Posts

16 thoughts on “Resep Tempe Kriuk untuk Menu Sahur yang Praktis

  1. Betul banget, yang saya suka dari tepung bumbu Kobe itu takaran bumbu dan rempah nya yang pas. Jadi saat puasa kita gak harus icip-icip lagi. Gak bingung takut kurang bumbu atau malah keasinan

  2. Makan yang kriuk terutama saat sahur, jadi makin bersemangat.
    Apalagi ini bikinnya pakai Kobe tepungnya, yang mudah ditemukan di warung terdekat

  3. Iya kalau sahur itu malas makan, makanya para ibu2 harus lebih kreatif bikin masakan yg enak untuk sahur. Tempe kriuk ini jadi salah satu pilihan, bikinnya mudah dan rasanya enak. Siapasih yg ga suka gorengan 😁

  4. Siang2 baca resep tempe kriuk bkin perutku auto keroncongan heheh kbtulann aku sering bngt bkin tempe kriuk nih pake tepung yang sama makanya tau rasanya enak krispi dan gurih

  5. Ini mah salah satu makanan favorit di rumah. Kami juga pake tepung Kobe loh Tapi bedanya di rumah aku masak tempe pake daun bawang soalnya kurang suka dengan daun jeruk.

  6. samaan mbak, dirumahku juga nyetock tepung ini, karena memang sering goreng tempe.
    apalagi soal raasa yang enak dan mak nyess meresap ke tempenya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.