Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Mencerahkan Wajah

Masker Bengkoang

Cara Membuat Masker Bengkoang, Journal Yuni – Kita tahu bahwa bengkoang merupakan buah yang sangat populer di dunia kecantikan. Beberapa produsen menjadikannya sebagai bahan utama untuk produk mereka, seperti masker bengkoang dan lain sebagainya.

Kita bisa mendapatkan manfaat bengkoang untuk kecantikan pada produk-produk itu. Tapi, kita juga bisa mendapatkannya langsung dengan menjadikannya sebagai masker alami.

Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

Ketika aku baru mengenal skincare, aku menggunakan produk susu pembersih dan penyegar yang mengandung bengkoang dari salah satu brand kosmetik. Dulu, aku percaya bahwa produk-produk yang mengandung bengkoang bisa mencerahkan kulit. Makanya, aku suka mencari masker, hand and body yang memiliki kandungan bengkoang.

Emang beneran iya, bengkoang bisa mencerahkan kulit? Coba cek lagi beberapa manfaat bengkoang untuk kecantikan berikut ini:

1. Mencerahkan Kulit

Ini adalah manfaat yang paling populer pada bidang kecantikan. Bengkoang untuk mencerahkan kulit. Hal ini karena bengkoang kaya akan kandungan vitamin B dan C. Kedua vitamin ini berperan penting untuk mencerahkan kulit dan menjaga agar kulit tetap bersih bersinar. Selain itu, vitamin C juga ikut memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi.

Related Post

2. Dapat Menyamarkan dan Menghilangkan Flek Hitam

Selain sebagai bahan pencerah kulit, bengkoang juga mampu menyamarkan dan menghilangkan flek hitam lho. Termasuk juga noda-noda bekas jerawat kita.

3. Bengkoang Mampu Mengecilkan Pori-pori

Menggunakan masker bengkoang juga bisa membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati pada wajah lho. Begitu kotoran dan sel kulit matinya hilang maka pori-pori kita bisa mengecil deh.

4. Mencegah Penuaan Dini

Tahu nggak sih manfaat Vitamin C selain untuk mencerahkan? Ternyata vitamin C sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas lho. Padahal kan radikal bebas ini yang kadang menyebabkan penuaan dini. Nah, rutin pake masker bengkoang berarti bisa mencegah penuaan dini kan, Geng.

5. Bengkoang dapat membuat Kulit Wajah Menjadi Sehat

Selain sebagai masker, kita juga bisa mengonsumsinya secara langsung atau meminumnya sebagai jus. Bengkoang kan kaya akan kandungan mineral, vitamin B1 dan vitamin C. Semuanya bisa menjadikan kulit menjadi sehat, segar dan berseri.

Related Post

Cara Membuat Masker Bengkoang

Pada dasarnya membuat masker dasar dari bengkoang itu mudah. Kita hanya memerlukan peralatan sederhana yang ada di sekitar kita. Adapun cara membuat masker bengkoang adalah sebagai berikut ini:

  1. Kita bisa menyiapkan satu buah bengkoang.
  2. Mengupas kulitnya sampai kita mendapatkan daging buahnya. Lalu bersihkan.
  3. Selanjutnya parut buah bengkoang yang sudah bersih tadi. Kita tidak perlu menambahkan bahan apa pun pada hasil parutan.
  4. Kemudian peras airnya dari daging buah yang sudah kita parut.
  5. Biarkan air perasan bengkoang hingga mengendap. Baru setelah itu, kita pisahkan endapan dengan airnya.

Gimana? Gampang kan membuat base masker bengkoang. Endapan atau sari bengkoang ini nantinya bisa kita campurkan dengan bahan alami lain untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Membuat Masker Bengkoang

Campuran dalam Membuat Masker Bengkoang

Menggunakan base masker bengkoang memang sangat bagus. Kita bisa menggunakannya dengan atau tanpa campuran bahan alami lainnya. Kalau pun kita ingin mencampurkannya dengan bahan lain, berikut ini ada beberapa alternative bahan yang bisa kita pakai, diantaranya:

1. Membuat Masker Bengkoang dengan Madu

Honey adalah bahan alami yang dihasilkan oleh lebah. Cocok sekali menjadi campuran masker bengkoang. Mengapa?

Madu dan bengkoang memiliki kandungan yang bisa membantu untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Keduanya juga dapat melembabkan dan membuat kulit tampak lebih cerah lho.

Kita hanya perlu mencampurkan endapan sari bengkoang dengan tiga sendok madu untuk membuat masker bengkoang dan madu. Setelah tercampur rata, kita bisa mengaplikasikan ke wajah.

Tunggu hingga masker mongering sebelum membilasnya dengan air hingga bersih. Gunakan secara rutin satu atau dua kali dalam seminggu untuk efek samping masker bengkoang yang semakin baik.

2. Cara Membuat Masker Bengkoang dan Putih Telur

Tahu nggak sih, Gaes? Manfaat perpaduan bengkoang dan putih telur ternyata bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati lho. Selain itu, keduanya juga dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga, kulit wajah terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Campurkan saja sari bengkoang dengan 1 putih telur. Setelah tercampur hingga menjadi pasti, kita bisa mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker Bengkoang dan Jeruk Nipis

Kita tahu bahwa jeruk nipis memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Oleh karena itu, jeruk nipis dipercaya dapat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Ia juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan membantu untuk melindungi lapisan kulit agar nggak rusak.

Saat hendak mengenakan base masker bengkoang, hendaknya menambahkan perasan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, kita bisa mengaplikasikannya ke seluruh wajah yang sudak bersih. Diamkan selama kurang lebih 30 menit baru kemudian bersihkan wajah dengan air.

Perhatian untuk yang memiliki jenis wajah yang sensitive ya, Gaes. Jangan terlalu sering menggunakan masker yang ada campuran jeruk nipisnya ya. Terlebih jika ternyata kalian nggak tahan sama vitamin C.

4. Air Bunga Mawar

Sama seperti bengkoang yang terkenal dalam dunia kecantikan. Maka air bunga mawar pun begitu. Ia banyak digunakan sebagai facemist atau sekedar bahan campuran untuk masker dan pelembab wajah lainnya.

Beberapa manfaat air mawar diantaranya, membantu untuk mencerahkan kulit wajah, menghidrasi kulit dan mencegah tanda penuaan dini pada kulit. Aku biasa menggunakan air mawar sebagai pelembab wajah sebelum mengenakan make up. Rasanya tu adem banget.

Air mawar ini bisa kita tambahkan pada endapan sari bengkoang yang telah dibuat. Setelah tercampur, kita bisa mengoleskannya ke seluruh area kulit wajah. Biarkan hingga 30 menit lalu bersihkan.

Selanjutnya, kita akan merasakan efek samping masker bengkoang yang lebih baik lagi. Kulit wajah kita semakin halus dan lembab deh.

5. Terakhir Minyak Zaitun

Perpaduan antara bengkoang dan zaitun bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan lembab lho. Saat ini kan sudah banyak produsen kosmetik yang menyediakan minyak zaitun dalam kemasan.

Cara membuat masker bengkoang dengan minyak zaitun pun nggak rumit banget. Kita hanya perlu menambahkan sari pati bengkoang dengan minyak zaitun. Setelah masker menjadi pasta, kita bisa mengaplikasikannya ke kulit wajah. Tunggu selama 30 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Mencerahkan Wajah

Merawat kulit wajah itu harus menjadi kebiasaan cewek ya. Bukan untuk menyenangkan hati siapa pun sih. Tapi lebih pada kebutuhan kita akan penampilan yang baik, rapi dan menarik.

Salah satu cara merawat kulit wajah adalah dengan menggunakan masker secara rutin satu atau dua kali dalam seminggu. Hal ini dapat mengembalikan kesegaran dan kelembutan kulit kita. Sehingga, kulit kita nggak kusam.

Cara membuat masker bengkoang ini adalah salah satu yang termudah. Bahannya juga nggak sulit untuk kita temukan. Pun dengan bahan campurannya. Selamat mencoba.

Related Post

4 Comments

  1. Aku dulu sering banget kalo libur kerja hari minggu mesti bikin masker bengkoang. Tapi aku bikinnya gak aku campurin apa2, cuma bengkoang parut aku tempel di wajah😊 andai tau ternyata bisa di campurin sama minyak zaitun itu aku pasti kasih. Skrg jadi pingin coba sama minyak zaitun, kayaknya cocok banget kombinasinya👍

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.