Mengenal Diri Sendiri Melalui Buku Catatan Custom

Buku Catatan Custom Membantumu Lebih Mengenal Diri

Seberkas kenangan terlintas dalam pikiranku. Kira-kira lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Kala aku masih tinggal di lingkungan pesantren. Waktu itu, aku masih mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Aku memiliki seorang teman yang suka menggambar. Mungkin saja nih ya, dia bercita-cita menjadi kartunis. Atau paling nggak seorang illustrator. Karena gambarnya memang bagus banget.

Kemana-mana dia nggak pernah lupa membawa buku catatan. Awalnya sih biasa saja saat dia baru membelinya. Tapi lambat laun, dia berhasil menyulapnya menjadi buku catatan unik yang sering berada di tangan teman-teman. Why?

Karena dia menyulapnya menjadi komik dimana jalan cerita yang berupa gambar dibuatnya sendiri. Menurutku itu adalah hal keren. Nggak heran kalau banyak dari kami yang ikut-ikutan membeli buku catatan, entah itu buku catatan unik yang bisa custom atau binder dengan kertas-kertas yang menarik.

Kami berlagak bakal menggambar seperti yang dia lakukan. Padahal kenyataan yang ada, buku tersebut hanya menjadi tempat mencurahkan segenap perasaan. Istilah kerennya diarylah ya. Atau kalau nggak, kami hanya akan saling tukar-menukar kertas binder biar koleksinya bertambah. Hehehehe….

Baca juga Cara Mengatur Keuangan Bagi Para Freelancer

Manfaat Membuat Jurnal atau Menulis Diary

Menulis buku harian (diary) memang menjadi kegiatan me time yang asyik. Nggak dulu saat masih sekolah atau sekarang. Kita bebas menceritakan apapun padanya. Tentang aktivitas kita, perasaan, impian atau bahkan harapan.

Related Post

Buku Catatan Unik

Boleh jadi itu bersifat rahasia yang hanya kita sendiri yang tahu. Biasanya ini akan kita simpan saat apa yang kita tulis menyangkut perasaan. Tapi kadang kala, ada yang nggak keberatan buku catatannya menjadi konsumsi publik.

Apalagi kala kita menulis impian dan harapan. Sembari berharap orang-orang yang membaca akan mengaminkan apapun yang tertulis.

Sementara itu, membuat jurnal atau menulis diary ternyata memiliki beberapa manfaat lho, diantaranya:

Meningkatkan Produktivitas

Saat menulis jurnal harian, kita bisa membuat rencana hidup, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Kemudian kita bisa mengelompokkan hal-hal tersebut berdasarkan skala prioritasnya. Hal ini bisa membuat kita semakin fokus dan terarah dalam pengembangan diri.

Kita bisa menyiapkan apa saja yang dibutuhkan, menghindari hal-hal yang menghambat dan lain sebagainya. Bukankah ini bisa menjadikan kita lebih produktif?

Oh iya, jangan lupa untuk mengupdate jurnal harian yang telah dibuat. Agar kita bisa memantau mana saja yang sudah terealisasi dan belum. Sehingga, akan memudahkan kita dalam melakukan persiapan selanjutnya.

Mengurangi Stress

Related Post

Kadang stress itu terjadi ketika ada terlalu banyak hal yang perlu diselesaikan. Sementara kitanya bingung mau menyelesaikan yang mana dulu. Atau kala pikiran kita sedang kalut. Membuat kita merasa bingung sendiri dengan apa yang harus dilakukan.

Maka salah satu solusinya adalah dengan menulis. Coba kita buat list apa saja yang harus terselesaikan. Lalu mengerjakannya satu demi satu. Hal ini akan mengurangi tingkat stress yang melanda. Bahkan bisa hilang saat pekerjaan telah rampung seluruhnya.

Pun saat pikiran sedang kalut. Tulis saja jurnal harian. Mulai dari apa yang membuat pikiran kita menjadi kalut hingga stress. Dari sini nanti, kita bisa menemukan jalan keluar dan membebaskan kita dari stress.

Baca juga Hunian Nyaman dan Murah

Kita dapat Mengevaluasi Diri

Kebiasaan menulis jurnal terlebih pada buku catatan custom juga bisa membantu kita mengevaluasi diri. Kok begitu?

Saat membaca ulang tulisan kita yang telah lalu, biasanya kita lebih bisa menilai apa saja yang bisa disempurnakan. Bagian mana yang perlu diperbaiki kembali. Atau malah ada pekerjaan yang seharusnya nggak usah kita kerjakan. Kemudian kita bisa memperbaikinya untuk hal-hal lain.

Jadi, kapan mau mulai buat jurnal harian?

Lebih Mengenal Diri Sendiri

Menulis buku harian nggak selalu tentang hal yang membuat kita happy. Kadang kala, kita menulis sesuatu yang membuat hati kita gundah, gelisah, jengkel, sedih bahkan marah. Setelah itu, kadang perasaan kita menjadi lega.

Lalu saat membacanya lagi, bisa jadi membuat kita tersenyum. Kemudian kita berpikir tentang apa saja yang kita sukai atau tidak. Bukankah ini berarti kita bisa lebih mengenal diri sendiri?

Mengenal Hibrkraft Jagonya Buku Catatan Custom yang Unik

Hibrkraft Buku Catatan Unik

Kegiatan menulis jurnal memberikan manfaat yang bagus ya. Makanya nggak heran ada beberapa orang yang menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan untuk diri sendiri. Hingga, memilih medianya pun kadang nggak main-main. Kok begitu?

Iya dong. Kita terbiasa menyukai sesuatu yang unik. Apalagi kalau kita bisa mendesaign-nya sendiri. Begitu pula saat menulis jurnal. Tentu, kita akan lebih happy saat menulisnya pada buku jurnal custom. Tahu nggak sih dimana kita bisa menemukan buku kayak gitu?

Nggak usah bingung, Gaes. Kebetulan aku tahu umkm yang bisa merealisasikan apa yang kita kamu tentang buku catatan unik. Namanya Hibrkraft. Mereka mah jagonya buku catatan custom.

Hibrkraft merupakan sebuah UMKM yang bergerak di bidang pembuatan jurnal/agenda berbahan kulit dan paket branding/merchandise sejak tahun 2013. Pak Ibrahim Anwar mendirikannya pada tahun 2011 dengan nama Hibrcraft. Mereka membagi produknya menjadi dua lini yaitu Personal dan Institusi.

Mereka memiliki workshop di kecamatan Bojonggede, Bogor dan sudah melayani pemesanan ke seluruh Nusantara. Selain itu, mereka telah mengirimkan produknya ke beberapa Negara, seperti Jerman, Belanda, Kanada, Australia, dan Uni Emirat Arab.

Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft

Coba lihat journal pilihanku. Keren banget deh. Warnanya universal gitu. Nggak terlalu girly atau pun macho banget. Coklat dong. Namanya Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft pasti.

Hibrkraft Journal Handmade

Menurut penjelasan dari mereka, Trevi PRO merupakan seri travel journal Hibrkraft yang terbuat dari kulit asli. Jelas sekali, bahan yang digunakan adalah bahan-bahan premium. Terlihat dari visualnya yang begitu tangguh dan keren.

Pihak Hibrkraft mendesign Trevi agar memiliki fitur refillable dan customizable. Jadi nggak perlu khawatir kalau ternyata kita sudah memenuhi semua kertas yang ada. Kita masih bisa melakukan isi ulang. Ada panduan ukuran dan jenis kertasnya kok, Geng. Amanlah itu.

Adapun spesifikasi Travel Journal Trevi Pro by Hibrkraft ini adalah sebagai berikut:

  • Material: Genuine Leather
  • Closure: Horizontal rubber cord closure
  • Binding: Midori styled refillable binding
  • Sizing: A6 (15 cm x 10,5 cm)
  • Fill: Bookpaper/brownpaper

Baca juga Tips Belanja Online

Alasan Memilih Hibrkraft untuk Membuat Buku Catatan Custom

Kalau kalian ingin buat buku catatan yang unik, maka kita bisa pesan di sini lho. Ada beberapa alasan mengapa memilih Hibrkraft Journal Handmade, diantaranya:

1. Mereka nggak asal buat. Mereka selalu meluangkan waktu untuk melakukan proses kurasi dan quality control dalam setiap jurnal buatan tangan yang diproduksi.
2. Selalu berusaha meningkatkan mutu kualitas jurnalnya. Jadi nggak hanya enak dipakai, tapi juga enak dilihat.
3. Hampir semua proses produksi dilakukan dengan tangan.
4. Berusaha memberdayakan masyarakat sekitar dengan meningkatkan kemampuan dan keahlian masyarakat.

Alasan-alasan tersebut semakin membuatku yakin untuk membuat Handmade Journal Hibrkraft. Agar bisa custom dan unik. Sehingga, aku semakin semangat menuliskan jurnal harianku.

Lebih Mengenal Diri Sendiri Melalui Buku Catatan Custom

Ada banyak manfaat menulis jurnal harian. Salah satunya adalah agar kita lebih mengenal diri sendiri dari apa yang tertulis.

Semakin menarik jurnal yang kita miliki, maka kita akan semakin merasa senang menuliskan semua rencana harian kita. Lalu melakukan introspeksi dan evaluasi diri untuk masa depan yang lebih baik.

Sehingga, membuat buku catatan custom melalui hibrkraft akan sangat membantu untuk mewujudkannya. Jadi, tunggu apa lagi! Segera kunjungi website resminya untuk pemesanan ya.

Hibrkraft Journal Handmade (2)
Pin it
Related Post

29 Comments

  1. Wah, kadang memang perlu curhat lewat buku ya. Boleh juga nih dicoba untuk membuat tulisan dan unek-unek di buku custom ini. Tapi menurutku gpp sih punya buku custom ini karena gak harus diisi curhat kok, bisa juga untuk menulis hal-hal yang dilakukan setiap hari atau saat berkunjung ke sebuah lokasi untuk menuliskan point dari hal berkesan lalu ditulis di platform blog dll.

    1. Yes, Kak. Bebas mau diisi apa saja. Tentang impian, rencana masa depan atau apa pun. Sing penting nyaman plus menyenangkan hati kalau journalnya juga custom sendiri. Hehehe

  2. menulis jurnal itu selain bisa jadi me time kita juga jadi lebih bisa mengenal diri sendiri ya, apalagi jika jurnalnya unik dan didesign khusus seperti ini, waahh berasa benar-benar personal ya 🙂

  3. Asyik juga nih punya buku catatan custom dari Hibrkraft. Saya juga punya bukunya. Lumayan bagus dan desainnya cantik banget kek ratu sejagat. Ngebantu banget saya untuk menulis catatan penting saat bekerja. Ngeliat buku catatan custom gini, jadi inget waktu sekolah dulu.

  4. Asiknyaaaaa hibrkraft. Saya juga nih suka journaling di rumah. Meski belum punya hibrkraft, tapi aktivitas ini sangat menyenangkan. Mau dooong punya buku jurnal dari hibrkraft kalo jurnal saya yang sekarang udah habis. Hehehe

  5. Aku sendiri suka nulis diary dari SD sampai kuliah, cuma kebiasaan itu menghilang setelah bekerja, hehe.
    Sebenarnya menulis jurnal itu bikin bahagia ya mbak, rasanya aku pengen memulai lagi kebiasaan itu..

  6. Hihihi..
    Jadi inget masa-masa sekolah dulu. Segala apapun yg kita alami, kita rasakan pasti dituangkan dlm buku diary. Masa itu terasa indah bgt ya.

    Hibrkraft ku udah mulai kusam nih, saatnya ganti yang baru. Setelah baca ulasan ini, jd pgn segera ganti dgn hibrkraft

  7. Aku pengen punya jurnal begini. Tapi aku nggak konsisten dan ga bisa nulis rapi2 cyantik gtu mbakkkk.. bingung jadinya wkwkwkkk

    Padahal naksir bangettttt

  8. Aq ngiler juga pas tau teman2 punya jurnal ini mbak, mau nanya eh udah malu duluan.
    Alhamdulillah ketemu tulisan mbak Yuni, auto order nih kalo gini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.