Manfaat Menggunakan Panci Keramik

7 Manfaat Menggunakan Panci Keramik, Yakin Nggak Mau Pake?

Setiap hari rasanya aku melihat iklan peralatan masak yang seliweran di beranda sosial mediaku. Entah itu panci keramik, teflon atau pisau. Kayaknya, kalau masak pakai peralatan tersebut bakal mempermudah segala urusan.

Bukan cuma itu sih. Kita pasti pingin masak makanan yang lebih sehat dan hemat waktu. Oleh karena itu, kita bisa memilih alat masak atau panci dengan bahan yang tepat. Tapi, kita harus tetap mempertahankan manfaat, fungsi dan ketahanannya ya.

Manfaat Menggunakan Panci Keramik

Salah satu bahan alat masak yang populer adalah keramik. Bukan hanya tentang penampilannya, melainkan kualitasnya juga bagus sih. Dan lagian ya, harga panci keramik juga terjangkaulah. Jadi, cocok buat alat masak sehari-hari.

Aku coba merangkum manfaat menggunakan panci keramik dari kompas sebagai berikut:

Bebas racun

Panci keramik biasanya nggak mengandung bahan-bahan kimia beracun. Kayak PFOA, timbal, PFAS, pelapis sintetis, cadmium, PTFE atau logam berat lainnya. Jadi, panci keramik bahannya apa?

Bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan panci ini adalah bahan mineral alami. Sehingga aman dan nggak akan bereaksi sama masakan asam. Jadi, masakan kita nggak terkontaminasi dengan bahan kimia deh.

Anti lengket

Sebel dong ya kalau nemu peralatan masak tapi tiap masak apa-apa lengket. Nah, kalau pake panci keramik kita nggak akan berurusan sama lengket deh. Kenapa?

Karena peralatan masak keramik sudah pakai gel keramik yang terbuat dari silicon dan oksigen. Sehingga permukaannya tahan lengket. Nggak perlu pakai minyak terlalu banyak deh.

Panci Keramik Bentuknya Cantik

Panci Keramik
Cari Panci Keramik di Sesa.id saja

Pas lihat iklan-iklan tu kok ya suka takjub ya. Peralatan masak dengan bahan keramik tu bagus-bagus. Biasanya satu set gitu. Bayangin kalau ada di dapurku pasti cakep banget deh.

Belum lagi kalau pas nyoba kayak orang-orang Korea yang langsung menyajikan mie sama pancinya. Pasti nggak malu-maluin lah. Wong cakep, estetik dan berkelas pastinya ya. Miriplah sama yang ada di drama-drama Korea itu.

Perpindahan Panasnya Efisien

Permasalahan dalam memasak adalah gimana penyebaran panasnya bisa merata. Sehingga masakan bisa cepat matang. Biar hemat gas gitu lho maksudnya. Hehehehe….

Nah, panci dan peralatan masak dari keramik lainnya punya kontruksi badan yang tebal. Hal ini bikin panas cepat merata dan efisien. Kabar baiknya, kita nggak perlu lagi menghabiskan banyak waktu buat masak. Karena masakan jadi cepat matang.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tahan panas

Salah satu kelebihan peralatan masak berbahan keramik adalah bisa menahan panas yang tinggi. Seandainya, kita butuh alat masak untuk suhu sampai 400-450°C ya nggak masalah.

Panci Keramik Ringan

Males banget kalau masak pake alat masak yang berat. Kesannya jadi ribet sendiri. Apalagi kalau masakannya emang perlu cara yang kompleks, kaya rawon, gulai atau soto.

Tapi tenang, Gaes! Salah satu manfaat menggunakan panci keramik adalah panci ini lebih ringan. Karena bahan alasnya aluminium dengan lapisan keramik.

Mudah Kita Bersihkan

Salah satu manfaat menggunakan alat masak keramik adalah anti lengket. Oleh karena itu kita lebih mudah membersihkannya setelah masak.

Nggak harus bersusah payah membersihkan noda-noda membandel atau pun erak-kerak gosong bekas masak deh. Cuci piringnya tetap slay. Hehehehe….

Kesimpulan: Yakin Nggak Mau Pake Panci Keramik?

Rasanya, pake peralatan masak yang berbahan keramik emang lebih mempermudah kegiatan memasak. Masakan cepat matang dan mudah kita bersihkan lagi.

Masa iya masih nggak yakin mau pake panci keramik? Aku sih iyes. Kita bisa cari berbagai peralatan masak melalui aplikasi sesa.id ya. Kita bisa mendownloadnya di appstore mau pun playstore. Semoga bermanfaat.

Sumber:

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/20/183700776/7-manfaat-menggunakan-alat-masak-berbahan-keramik

Bacaan Menarik Lainnya:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.