resep omelet

Resep Omelet, Makanan Praktis Anak Kos Kala Akhir Bulan

Journal Yuni – Sebelum pandemi melanda, aku masih bekerja di Kota Semarang. Aku memutuskan untuk menyewa kamar kos sebagai tempat tinggal. Letaknya nggak jauh dari tempatku bekerja. Selayaknya anak kos. Ada waktu-waktu tertentu yang kadang memaksaku untuk berhemat. Memasak apa adanya dengan nyontek resep-resep sederhana, seperti resep omelet misalnya.

Omelet dan Anak Kos

Omelet adalah makanan yang terbuat dari telor kocok yang digoreng dengan menggunakan minyak atau mentega. Pada beberapa negara, omelet ini tersaji sebagai menu sarapan bersama dengan teman-temannya yang lain, seperti roti, daging atau sosis. Bahkan saat kita menginap di hotel yang menyediakan sarapan untuk para tamu juga ada omelet pada menu sarapannya. Iya ‘kan?

Sementara bagi anak kos, omelet tu adalah makanan yang mudah dan murah. Aku bahkan sering menyetok telor agar nggak pusing kala perut terasa lapar tapi sedang malas keluar rumah. Intinya mah omelet dan anak kos kayak akutu udah kayak teman dekat banget.

Bacaan menarik lainnya: Aneka Masakan Khas Jawa Tengah

Aneka Resep Omelet Ala Anak Kos

Pertanyaannya adalah, kalau cuma telor kocok doang kan jadi biasa banget. Dan anak kos ‘kan juga pingin ada variasi dalam hal masak-memasak. Meskipun sekedar memasak telor kocok alias omelet. Hehehe…

Jadi, aku sudah mencoba beberapa resep telor kocok sebagai berikut:

Resep Omelet Mie

Aku sering banget membuat omelet mie ala-ala diriku. Sebenarnya ada resep telor kocok mie yang mewah. Tapi, namanya anak kos mah carinya yang simple dan sederhana. Asal gorengnya pake Wajan Granit Anti Lengket biar nyaman telornya nggak lengket di wajan. Hehehe…

Bahan-bahan yang kugunakan untuk membuat omelet mie ini pun sederhana saja, sebagai berikut:

  1. Mie instan goreng. Bebas mau pilih brand yang mana saja. Sesuai selera.
  2. 2 butir telor. Kalau mau pakai lebih juga nggak masalah.
  3. 1 batang daun bawang. Boleh skip kalau memang nggak suka.
  4. Garam dan merica secukupnya.
  5. Minyak goreng sebanyak 2 sendok makan.

Cara membuat omelet mie adalah sebagai berikut:

  1. Rebus mienya terlebih dahulu. Setelah matang lalu tiriskan.
  2. Kocok lepas telornya. Lalu masukkan daun bawang yang sudah kita potong-potong.
  3. Campurkan mie ke dalam telor kocok.
  4. Panaskan minyak dalam wajan anti lengket. Setelah panas, tuangkan mie dalam telor kocok tadi ke dalam wajan. Lalu ratakan.
  5. Balik omelet ketika satu bagian sudah matang. Lalu sajikan selagi masih hangat.

Resep Omelet Sayur

 

Resep omelet sayur
Sumber: pixabay.com/id/photos/dadar-resep-telur-memasak-makanan-781105/

 

Selain omelet mie, aku juga kadang membuat omelet sayur bersama teman sekosku. Tentu bukan hanya sayur doang ya. Ada campuran sosis juga biar lebih enak gitu lho. Hehehe…

Bahan-bahan yang kubutuhkan saat membuat omelet sayur adalah sebagai berikut:

  1. 3 butir telur ayam.
  2. 1 buah tomat, buang bijinya dan potong kecil-kecil.
  3. parsley segar 1 sdt.
  4. 1 sdt parsley kering.
  5. 2 buah sosis, lalu potong-potong.
  6. Garam
  7. Merica

Cara membuat :

  1. Kocok lepas telur.
  2. Campurkan tomat, parsley kering, parsley segar, dan sosis. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Panaskan wajan anti lengket, tambahkan minyak atau mentega.
  4. Tuangkan adonan telur dan ratakan ke semua bagian wajan hingga merata.
  5. Balik omelet saat satu sisinya sudah matang. Lalu masak hingga semua sisi sudah matang.
  6. Terakhir, sajikan omelet untuk sarapan pagi.

Omelet Memang Makanan Praktis Menjelang Akhir Bulan

Tuh kan. Kedua resep omelet ini memang praktis banget. Apalagi untuk anak kos menjelang akhir bulan. Lagian nih ya, telor kan sumber protein yang baik untuk tubuh. Ada 10,6 gram protein dalam 100 gram telur.

Jadi, meskipun akhir bulan kebutuhan gizi tetap harus terjaga dong. Anak kos nggak boleh kekurangan gizi. Begitu ya. Semoga bermanfaat.

Bacaan menarik lainnya: Testimoni Mosehat

Related Posts

18 thoughts on “Resep Omelet, Makanan Praktis Anak Kos Kala Akhir Bulan

  1. Wah resep omelette mie ini nggak hanya buat anak kos sebenarnya mbak
    Soalnya aku juga sering buat, hehe
    Selain karena mudah membuatnya, juga karena anak anakku doyan banget makan omelette mie ini
    KLO kami di rumah biasa menyebutnya dadar mie, hehe

  2. Omelet emang paling mudah dan praktis sih menurut saya. Apalagi buat sarapan emang paling cocok nggak terlalu berat tapi tetep mengenyangkan. Kadang juga saya bikin omelet kol, omelet sawi putih pokoknya sayur apa aja deh yang ada di kulkas. Hheheh

  3. Iya banget dong sebagai anak kost sering banget juga bikin omelet. Tapi kadang kami menyebutnya miedog, bukan mie anj*ng ya, tapi singkatan dari mie dan endog (telur dalam bahasa Sunda)

  4. omelet mie itu kadang juga disebut martabak mie ya, mbak. kalau aku jarang bikin telur pakai campuran macam-macam soalnya anak-anaku nggak doyan. padahal pengen juga nih bikin omelet yang banyak campurannya kayak gini

  5. Asiikk~
    bisa menjadi ide masak pagi ini..

    Aku dulu kecil suka banget masak omelet.
    Dan anehnya yaa.. suka aku isi sama kismis. Huhuu….di lidahku, rasanya jadi gurih manis enak gitu..

  6. Menu omelet ini memang bisa jadi menu sehat dan hemat.
    Anak-anakku sudah mulai bisa bikin omelet, jadi kalau lagi pengen menu ini, mereka auto masak sendiri.
    Tapi yang sederhana sih yaa.. gak pakai mie. Kalau ditambah mie begini, rasanya lebih mantap jiwa!

  7. ga cuma buat anak kos, buat aku yang jarang masak ini bisa jadi referensi masakan yang ringkes. kayaknya aku bakal bikin omelet mieee wkwkw soalnya aku suka miee :”)

  8. omelet ini makanan andalan banget yaa, bukan cuman di bulan ramadan, di bulan-bulan lain juga selalu laris manis, hehehe. Selain buatnya mudah, bahan-bahannya gampang didapat, gizinya pun tinggi karena terbuat dari telur yang tinggi protein

  9. Ihhh bener banget, waktu ngekost dulu suka masak ini. Buatnya gampang dan bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan.. Rasanya makan omeletnya aja udah kenyang banget, apalagi ditambah nasi hihi

  10. Omelet emang paling simpel nih buat anak kost dan juga terjangkau. Bikinnya juga ga ribet plus mengenyangkan. Aku juga suka bikin omelet mie, biar ga bosen aja makan mie dengan variasi lain.

  11. Omelet dan anak kos. Wah, aku banget ini. Dulu zaman kuliah lauk paling praktis ya bikin omelet. Sampai sekarang juga sih. Selain bikinnya mudah, juga ramah di kantong ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.