Tips Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Jogja di Sekitaran Malioboro

Jalan-jalan ke Jogja, pulangnya tak bawa oleh-oleh? Kurang baik atuh. Kurang baik buat keluarga. Mereka pasti pada nungguin oleh-oleh dari kamu. Hehehe.

Makanya, sisihkanlah sedikit uang saku untuk belanja oleh-oleh khas Kota Jogja. Murah-murah kok harga barang di Jogja. Terutama yang ada di Malioboro.

Aku ada pengalaman soal ini. Biar kamu ada sedikit pandangan nanti mau beli oleh-oleh apa. Siap menyimak?

Oleh-Oleh Khas Jogja

Sebelum aku kasih tips cara berburu barang di Malioboro. Yuk, ketahui dulu apa saja oleh-oleh khas Kota Jogja yang bisa kamu beli.

#1 Bakpia Pathok

Selain identik dengan gudeg dan keratin. Joga juga identik dengan bakpia. Jadi boleh nih kamu menjadikan Bakpia sebagai oleh-oleh. Ada banyak merek bakpia di Jogja. Tapi katanya yang paling enak adalah Bakpia Pathok 25.

#2 Bakpia Kukus

Bakpia kukus rasanya lebih cocok untuk lidah-lidah anak muda. Secara kemasan  juga lebih menarik dan modern. Kalau mau beli pilih yang merk Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Sama dengan Bakpia Pathok 888. Bakpia Kukus Tugu Jogja punya banyak varian rasa. Ada pandan, vanilla, keju, kacang hijau, dan cokelat.

#3 Tas Rajut Dowa

Bagi yang suka kerajinan tangan apalagi rajutan. Boleh mampir ke outlet resmi Dowa yang ada di arah jalan dari Malioboro ke Tugu Jogja. Dowa ini menyediakan aneka jenis tas rajut. Mulai dari dompet, tas tenteng, tas selempang, sampai tas ransel.

Bagi aku sih harganya khusus mereka yang punya banyak uang, ya. Tapi kalau kamu ada uang lebih bisa sih beli satu ja buat ibu di rumah. Pasti beliau bakalan suka banget, soalnya tas Dowa ini rapi banget rajutannya.

#4 Aneka Kaos

Pas aku ke Jogja sekitar 6 bulan yang lalu. Aku juga membeli beberapa kaos di sana. Ada banyak pilihan kaos baik lengan pendek maupun lengan panjang.

Harganya pun cukup terjangkau. Ada yang 100 ribu dapat tiga. Tapi bahannya tipis banget dan tak menyerap keringat. Ada yang 50 ribuan. Nah yang 50 ribuan ini lumayan bagus bahannya. Di bawa hang out masih cocok.

#5 Aneka Fashion Batik

Sebagai satu-satunya kerajaan yang masih eksis di Indonesia. Di mana rajanya bukan sekedar simbol daerah. Tapi benar-benar jadi pemimpin absolute tertinggi di Jogja. Tak aneh kalau di Jogja fashion batik masih terus eksis.

Emang sih, kalau yang batik tulis mahal dan biasanya di jual di showroom atau outlet besar. Beda dengan yang ada di Malioboro. Kebanyakan batiknya batik cap, makanya harganya terjangkau.

Tapi, meski batik cap. Batik Jogja ini tetap recommended  loh untuk dijadikan oleh-oleh. Bentuknya ada yang rok, celana, kemeja, outer, topi, dress anak, juga tas.

#6 Baju Bali

Kenapa ya aku menyebutnya baju bali? Ya karena cirinya sama kayak baju bali. Bahannya tipis tapi nggak kaku. Bagian bawah baju dan bawah lengan berumbai-rumbai.

Terus motifnya dari batik jumputan dengan aneka gambar. Wayang biasanya. Baju ini enak banget untuk kamu pakai sehari-hari di rumah.

#7 Aneka Bahan Jamu

Selain bisang fashion dan kuliner. Ada juga produk kesehatan herbal yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Yakni jamu dan aneka bahan jamu.

Jamu ini akan mudah kamu dapatkan di pasar Bringharjo. Harganya juga murah, mulai dari 5 ribuan.

Tips Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Jogja di Sekitaran Malioboro

Belanja oleh-oleh khas Kota Jogja sebenarnya nggak susah-susah amat. Cuma ada hal-hal kecil yang ingin aku informasikan. Semoga ini bisa membantu dengan mengurangi keruwetan saat kamu liburan ke Jogja nanti.

Ya anggap ini tips belanja oleh-oleh khas Kota Jogja tipis-tipis. Sebab ini pure berasal dari pengalamanku pribadi.

#1 Keliling Dulu untuk Riset Harga Sebentar

Tempat paling strategis untuk belanja aneka oleh-oleh khas Kota Jogja emang di jalan Malioboro sih. Mulai dari pedagang kecil sampai pedagang besar ada di sana.

Khusus pedagang kecil sekarang tempatnya sudah pindah. Ada lokasi khususnya. Masih di sekitar jalan Malioboro, kok. Kalau dulu kan ada di sepanjang pertokoan yang ada di jalan Malioboro.

Kalau mau belanja di sini, sebaiknya keliling-keling saja dulu untuk membandingkan harga antar pedagang. Nggak banyak perbedaan sih. Cuma harus jeli karena tetap ada pedagang yang memasang harga lebih tinggi di banding pedagang lain.

#2 Beli Bakpia Kukus Tugu Jogja di Outlet Resmi

Waktu aku ke Jogja, aku sempat rempong ketika hendak membeli Bakpia Kukus  Tugu Jogja ini. Lantaran mencari outlet resminya.

Di pertokoan sepanjang jalan Malioboro banyak juga yang jual. Tapi biasanya perbedaan harganya jauh. Bahkan ada selisihnya sampai Rp10.000,-. Sementara kalau di outletnya bisa dapat harga murah. Sekitar Rp45.000 per boxnya.

Untuk menemukan outlet resminya, coba cari alamatnya di internet ya. Oh ya, ini penting banget. Mereka libur di hari minggu.

#3 Beli Bakpia Pathok 25 di Pabriknya Saja

Membeli Bakpia Pathok 888 sebaiknya di pabriknya langsung. Jangan di daerah Malioboro. Soalnya nggak ada di sana. Jika pun ada bakpia, mereknya bukan Bakpia Pathok 25.

Cuma ya pabriknya agak jauh dari daerah Maliobro. Aku waktu itu naik taksi online karena bertiga. Kalau berdua saja bisa naik becak atau bentor sih.

Beli Bakpia Pathok 25 langsung di pabriknya langsung di jaman akan mendapat produk baru. Bisa mencicipi tester juga. Pas aku ke sana, bakpianya masih pada anget. Tanda kalau produknya fresh from the oven.

#4 Pilih Kios Kaos yang Punya Banya Koleksi

Nah, kalau kamu mau beli kaos. Saran saya beli kaos yang bagusan aja. Jangan yang  Rp100.000,- dapat tiga. Ambil yang sekitar 50 ribuan.

Seingatku untuk kaos lengan pendek harganya Rp45.000 dan lengan panjang Rp50.000. Harga untuk semua ukuran sama ya. Tidak ada perbedaan.

Kaos anak juga harganya main skeitar Rp45.000 dan Rp50.000 karena biasanya setelah, kaos dan celana pendek.

Terus pilih kios yang yang koleksinya banyak. Biar kamu bisa memilih warna, ukuran, dan motif dengan puas.

#5 Pintar-Pintar Menawar Jika Belanja di Pasar Bringharjo

Penjual batik dan penjual kaos selain di Malioboro bisa kamu dapatkan di pasar Bringharjo juga. Saranku buat  kamu yang nggak terlalu pintar nawar. Sebaiknya belanja di Malioboro saja.

Sesuai survey kecil-kecilan yang aku lakukan. Di Pasar Bringharjo, banyak pedagang yang mematok harga tinggi untuk batik dan kaos. Kalau nggak pandai menawar bakalan bingung nantinya.

Beda dengan di Malioboro. Banyak pedagang yang memberikan harga pas. Misal ada yang ngasih harga lebih tinggi, biasanya selisihnya nggak jauh. Paling tinggi selisihnya 5 ribu saja.

Sebenarnya ada juga sih fashion batik dan kaos yang harganya di atas yang sudah aku sebutkan. Cuma biasanya, untuk produk-produk yang mahal ini dijualnya juga di outlet-outlet besar. Ya, kamu sesuaikan saja dengan budget  yang ada. Kalau ke aku sih, yang di Malioboro sangat cocok.

Related Posts

3 thoughts on “Tips Belanja Oleh-Oleh Khas Kota Jogja di Sekitaran Malioboro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.