Rekomendasi Liburan Akhir Tahun

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Versi Journal Yuni, Kalian Pilih yang Mana nih?

Masih pertengahan tahun atuh Yuni. Kenapa sudah ngomongin rekomendasi liburan akhir tahun sih?

Ya nggak papa. Namanya juga buat persiapan. Lagian nih, kita kan harus mempersiapkan akomodasinya juga. Biaya perjalanan dan lain-lain. Siapa tahu ya, kita pingin liburan religi yang agak jauh. Umroh misalnya.

Mumpung ada info tentang paket umrohnya. Coba klik kalimat paket umroh Desember deh! Teman-teman pasti akan mendapatkan semua informasi dengan detail. Termasuk berapa biaya yang harus kita persiapkan.

Rekomendasi Liburan Akhir Tahun yang Asyik

Mari kita pikirkan. Enaknya pas akhir tahun 2022 ini kita mau liburan kemana ya!

Pandemi ‘kan sudah mulai berlalu. Urusan perjalanan rasanya semakin mudah. Nggak terlalu ribet dan mengkhawatirkan lagi. Meski kita masih harus menetapkan protokol kesehatan untuk kebaikan kita sendiri.

Biar lebih mudah, aku sudah menyiapkan beberapa rekomendasi liburan akhir tahun yang asyik. Kalau Teman-teman punya masukan lain, boleh sampaikan di kolom komentar ya.

1. Malang

Ngomongin tentang Malang ini membawaku ke masa-masa SMA. Ketika aku masih tinggal di pesantren.

Waktu itu, sekolahku mengadakan study tour ke Malang. Udaranya terasa dingin sekali. Kupikir menyenangkan bila aku bisa kuliah di sana. Sayangnya, aku nggak dapat kesempatan itu. Tapi nggak masalah.

Aku bisa mengunjungi Malang untuk liburan. Kita bisa mengunjungi area pantai, seperti Pantai Ngliyep atau Pantai Tiga Warna. Para pecinta pantai pasti sangat terhibur dengan pemandangannya yang indah dan menyenangkan.

Selain itu, kita bisa mengunjungi lokasi wisata kota. Sebut saja Malang Night Paradise, Jatim Park, Museum Angkut dan lain sebagainya.

Bagi yang suka wisata kuliner. Maka kita bisa mencoba Bakso Malang, Nasi Pecel, Rawon, Sate Kelinci, Angsle, dan banyak pilihan makanan lezat lainnya.

Aku pernah makan Angsle di sekitar Batu. Lupa sih apa nama kedainya. Cuma memang itu terkenal banget. Dan rasanya emang senikmat itu. Bikin hangat badan kita yang terasa menggigil. Hehehe….

2. Jogja

Pantai Kesirat Jogja
Dokumentasi Pribadi Tahun 2019

Katanya akan selalu ada rindu untuk Jogja. Menurutku itu bukan hanya isapan jempol. Aku pun merasakan rindu itu.

Saat akhir tahun 2019, aku dan beberapa temanku memutuskan untuk menikmati malam tahun baru sambil camping di Pantai Kesirat. Dan tiga tahun berlalu. Rasanya aku ingin kembali ke sana lagi.

Jadi, nggak ada salahnya ‘kan rekomendasi liburan akhir tahunnya kupilihkan ke Jogja saja. Kita bisa menikmati malam pergantian tahun dengan camping di spot-spot camping terbaik di Gunung Kidul. Kayak Pantai Kesirat, Pantai Wohudu, Pantai Ngrumput dan lain-lain.

Kalau nggak mau camping, masih ada spot populer lainnya kok. Sebut deh, Jalan Malioboro, Tugu Jogja, Keraton dan masih banyak yang lain. Kalau mau yang mainstream, ada Bukin Pengilon, Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Kalibiru. Wih, pokoknya mah banyak.

Urusan kuliner mah nggak perlu ragu. Kita bisa nyobain gudeg, oseng mercon, sate klatak dan macam-macam jajanan lain.

Gimana? Tertarik ke Jogja? Meski beberapa waktu belakangan gonjang-ganjing urusan tiket naik ke Candi Borobudur mah nggak masalah. Toh masih banyak ‘kan destinasi wisata lainnya. Iya nggak?

3. Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi
Dokumentasi Pribadi Tahun 2016

Mau ke Bali kok ya budgetnya nggak cukup. Nggak masalah dong. Masih ada daerah wisata di dekatnya. Banyuwangi misalnya.

Ada kawah ijen, Pulau Merah, Baluran dan lain-lain. Aku ingat pernah mengajak temanku yang dari Medan ke Pulau Merah.

Dia berpikir akan mendatangi sebuah pulau. Maksudnya berarti harus nyebrang untuk mengunjungi semacam pulau pribadi. Ternyata bukan. Tapi kami mendatangi pantai Pulau Merah.

Keren dah tempatnya. Pantai ini adalah salah satu lokasi wisata populer di Banyuwangi. Coba deh akhir tahun ke sini.

4. Rekomendasi Liburan Akhir Tahun di Probolinggo

Karena dulu aku tinggal di pesantren yang ada di Probolinggo. Maka aku bisa sekalian nostalgia dengan liburan ke Probolinggo. Bisa sowan dengan pengasuh. Ngaji di astah dan lain-lain.

Bagi Teman-teman bisa menghabiskan waktu liburan akhir tahun di Gunung Bromo. Sambil cek ketahanan fisik untuk naik sampai ke puncak.

Karena jujur, saat aku ke Bromo. Aku dan temanku nggak sanggup untuk naik sampai ke puncak. Kami hanya sampai di padang pasir yang ada puranya doang. Hehehe….

Kalau Teman-teman lebih pilih liburan kemana untuk rekomendasi liburan akhir tahunnya? Coba deh sampaikan di kolom komentar! Siapa tahu aku juga pingin ke sana. ‘Kan kita bisa barengan. Biar punya teman seperjalanan akutu. Hehehe….

Related Posts

One thought on “Rekomendasi Liburan Akhir Tahun Versi Journal Yuni, Kalian Pilih yang Mana nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.