Tips memilih oli untuk motor matic

3 Tips Memilih Oli untuk Motor Matic yang Berkualias

Journal Yuni – Mesin motor butuh pelumas, termasuk juga motor matic. Supaya kerjanya bisa optimal dan lebih awet. Bayangkan, jika mesin motor tak diberi pelumas. Mesin motor akan bekerja dengan berat akibat gesekan antar komponennya.Tingkat keausan mesin pun bisa jadi tinggi.

Kamu tentu tidak ingin mesin motormu cepat rusak kan? Karenanya, rutin-rutinlah mengganti olinya secara rutin. Tapi perlu kamu ketahui juga. Memilih oli mesin untuk motor matic juga tak bisa sembarang.

Tips Memilih Oli untuk Motor Matic

Oli yang kamu pilih tentu punya pengaruh besar pada mesin motor.  Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin baik pula pengaruhnya pada performa motor. Agar kamu tak salah pilih. Berikut tips memilih oli motor matic yang berkualitas untuk motor kesayanganmu.

#1 Pilih Oli yang Sudah SNI

SNI (Standar Nasional Indonesia) merupakan standar yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk beberapa kategori produk tertentu. Salah satunya produk oli untuk motor matic.

Setiap oli yang sudah memiliki logo SNI di kemasannya, bisa dipastikan oli tersebut memiliki kualitas sesuai standar yang diharuskan. Serta layak digunakan karena sudah melewati lulus uji dari pemerintah.

Selain memiliki standar nasional, beberapa merk oli ada pula yang sekaligus memiliki standar internasional. Seperti memiliki standar API (American Petroleum Institute) atau Japanese Automotive Standart Organization (JASO).

#2 Ambil Oli dengan Harga Terbaik

Banyak yang bilang, ada harga ada kualitas. Setuju? Tentu saja. Jadi, jangan ragu untuk memilih oli dengan harga yang lebih tinggi. Semakin mahal harga oli maka artinya semakin bagus pula kualitasnya.

Jika diperhitungkan dan dibandingkan pada keawetan motor yang akan kamu dapatkan. Tentu memilih oli dengan harga yang lebih tinggi bukan masalah sama sekali.

Lebih baik kamu mengeluarkan uang sedikit lebih banyak di awal tapi mesin motormu tahan lama. Ketimbang kamu irit di awal tapi di akhir kamu jadi harus sering menyervis motormu karena performa mesinnya tak lagi bisa optimal.

#3 Pakai Oli yang Terpercaya

Tips ketiga dalam memilih oli yakni pakailah oli yang sudah terpercaya di pasaran. Bagaimana cara mengetahuinya? Pertama tentu kamu bisa memilih oli yang sudah punya standar SNI. Kalau bisa yang  punya standar internasional juga.

Kedua, lihat merknya. Apakah sudah banyak yang mengenal dan menggunakannya. Jika, iya maka bisa dipastikan merk tersebut merupakan salah satu jenis oli yang dipercaya masyarakat.

Salah satu merk oli yang bisa kamu gunakan adalah oli X-TEN. Secara kualitas sudah terjamin, berstandart SNI dan JASO. Penggunanya juga sudah lebih dari 1,7 pengendara di Indonesia. Pilihan jenisnya juga banyak. Bisa kamu sesuaikan dengan jenis motor maticmu.

Pokoknya, untuk tips memilih oli untuk motor matic ini sangat direkomendasikan supaya kamu memilih oli X-TEN ini. Atau merk oli lain yang sudah terpercaya seperti, Top 1 Action Matic, Castrol Active Matic, Yamalube Super Matic dan lain-lain.

Waktu Tepat Mengganti Oli Mesin

Kapan kamu harus mengganti oli? Ada dua rekomendasi untuk jawaban ini. Yakni setiap 2 bulan sekali atau setiap kali motormu telah menempuh jarak 2000 KM. Tapi kebanyakan orang memakai patokan waktu karena lebih mudah.

Nah, kalau kamu pakai oli X-TEN kamu bisa mengganti oli setiap 5000 KM. Sebab oli X-TEN memang diformulasikan khusus sebagai oli yang tahan lama. Dan meski masa pakainya lebih lama, ternyata oli X-TEN tetap bisa membuat tarikan motor lebih enteng.

Kalau ingin menggunakan merk oli lain seperti Top 1 Action Matic, Castrol Active Matic, Yamalube Super Matic dan lain-lain. Kita harus memperhatikan formula dari masing-masing oli. Berapa lama masa pakainya dan lain-lain agar tepat menentukan kapan waktu penggantian oli.

Sudah jelas ya. Kamu harus rajin mengganti oli motor maticmu. Tujuannya supaya mesin motor selalu optimal performanya. Apakah Teman-teman memiliki tips selain 3 tips memilih oli untuk motor matic yang tadi? Kalau iya, boleh share di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk share rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia juga ya!

Kadang kita juga perlu Tips Memilih CCTV Outdoor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.