tips menulis blog

Tips Menulis Blog yang Menarik bagi Pemula

Journal Yuni – Saat ini menjadi blogger merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Dengan menulis sesuai tema yang diinginkan, kita bisa mendapatkan penghasilan yang nggak terbatas jumlahnya. Apalagi pekerjaan ini dapat kita lakukan dari rumah dan nggak memerlukan banyak modal. Cukup dengan laptop berspek terbatas dan jaringan internet, kita dapat bekerja secara profesional.

Kelihatannya mudah, tetapi bagi yang belum pernah menjalani profesi ini, tentu saja akan merasa kebingungan. Padahal menurutku, selama kita bisa menulis dan mempunyai jaringan internet, maka kita bisa menjadi bloger handal lho. Kita bahkan bisa menjadikannya sebagai hobi.

Tips Menulis Blog yang Menarik

Sebelum menulis blog, pastikan kita sudah memiliki website pribadi ya. Kita bisa menggunakan domain berbayar atau gratis dari blogspot, wordpress dan lain-lain.

Cara membuat website gratis juga mudah. Kita bisa menemukannya melalui mesin penelusuran dengan kata kunci yang tepat.

Hal yang agak rumit adalah menulis blog atau website setelah kita buat. Kadang ‘kan ada tuh yang cuma membuat lalu kemudian say goodbye pada rumah onlinenya. Dengan beragam alasan, seperti nggak tahu mau nulis apa dan lain sebagainya.

Maka dari itu, inilah tips menulis blog yang menarik untuk kita ikuti, yaitu:

1. Tentukan Fokus Blog

Dalam dunia menulis, banyak sekali yang dapat digali dan menjadi prioritas. Begitu juga dengan blog. Agar arahannya jelas, tentukan fokus blog yang ingin kita kelola. Bisa berkaitan dengan fashion, IT Pendidikan, hobi atau lainnya. Kita bisa memilih hal yang paling kita suka dan kuasai.

2. Buat Rencana

 

cara membuat website
Sumber: www.pexels.com/id-id/@jessbaileydesign

 

Nggak jauh beda seperti pekerjaan kantoran, seorang bloger juga harus mempunyai rencana. Mau menulis tentang apa, kapan mulai dipublikasikan dan lainnya. Ini akan menjadi arahan bagi kita sehingga kita bisa memperjelas apa yang harus kita kerjakan. Bahkan agar lebih spesifik, kita juga boleh membuat time schedule untuk mengeksekusi semua ide yang ada.

3. Posting dengan Konsisten

Blog ibarat rumah kita di dunia maya. Jika kita nggak pernah menengok, membuka dan membersihkannya maka akan kotor. Selanjutnya, nggak akan ada yang mau datang .

Oleh sebab itu, kita perlu membuat postingan secara konsisten. Hal ini bertujuan agar pembaca setia selalu menanti tulisan yang kita tampilkan.

4. Perhatikan Penulisan

Banyak orang bilang bahwa dirinya nggak bisa menulis. Tapi ketika bercerita, dia menjadi sangat mahir. Terus apa bedanya?

Padahal menulis juga wujud lain dari cara menyampaikan pesan atau pemikiran. Hanya saja dengan cara yang berbeda. Bukannya melalui ucapan tapi dari tulisan.

Jadi harusnya ketika mengerjakannya, ya enjoy saja. Jangan pikirkan baik apa nggaknya, apakah ada yang mau membaca atau nggak. Keluarkan dulu semua ide. Setelah selesai, diamkan tulisan beberapa saat kemudian edit sesuai dengan ketentuan penulisan.

5. Tambah gambar

Membaca tulisan sering membut mata cepat lelah. Orang juga enggan untuk mengunjungi dan membaca isi blog yang panjang dan hanya berisi tulisan.

Maka, akan lebih baik saat kita menambahkan gambar atau potongan video yang sesuai dengan isi konten. Jangan lupa, perhatikan legalitas gambar yang kita gunakan.

Jangan asal comot karena bisa saja gambar tersebut dilindungi undang-undang hak cipta. Untuk mendapat gambar berkualitas dan gratis, gunakan situs free yang cukup banyak.

6. Blog walking

Blogwalking adalah istilah untuk kegiatan mengunjungi dan membaca, serta memberi komentar terhadap postingan seseorang. Manfaatnya adalah dapat meningkatkan semangat menulis, mendapatkan ide dan pengetahuan baru.

Jadi, pada dasarnya menulis Blog merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dengan pengelolaan yang tepat, blog dapat menghasilkan uang yang nggak terbatas jumlahnya. Makanya, untuk menjadi blogger, yang diperlukan adalah semangat dan mau mencoba serta nggak cepat menyerah. Siap memulai menulis blog?

Pentingnya Traffic Blog

21 thoughts on “Tips Menulis Blog yang Menarik bagi Pemula

  1. Wah ini tips-nya bermanfaat banget buatku yang lagi mau aktif nulis lagi di blog, makasih ya mbak! ^^ Sudah lama punya blog, tapi jarang diisi, isinya sarang laba-laba deh wkwk

  2. saya masih terus belajar untuk konsisten nulis dan posting di blog nijh. Kadang malu sama diri sendiri, udah sejak tahun 2015 ngeblog tapi belum berhasil konsisten

  3. Untuk point 1 dan 3 hingga kini masih belum berjalan dengan baik buat Vina yang hampir 10 tahun katanya niat ngeBlog dan fokus ngeBlog. Awal punya Blog 2009 tapi beneran fokus di tahun 2012. Ngga fokus ke monetasi memang. Tapi fokus ngisi Blog doang. wkwkwkwk

    tapi untuk point 1 dan 3 itu emang masih belum terpecahkan dikarenakan mood dan lain hal. Gimana itu :’

    1. Emang agak sulit kalau sudah ngomongin fokus dan konsisten sih, Kak. Yuni juga masih kewalahan banget untuk kedua hal tersebut. Cuma akan lebih baik kalau kita mulai dengan hal-hal yang kita sukai kali ya. Menulis tentang yang kita sukai. yang kita kuasai. Jadi menulisnya bisa sangat happy gitu.

      Semangat, kakak….

  4. kalau aku kadang paling bingung urusan gambar pelengkap. soalnya suka malas bikin desain yang unik atau infografis gitu. akhirnya lebih sering cari gambar gratis aja di internet

  5. Konsisten itu PR besar banget buatku.

    Poin-poin lainnya aku setuju. Karena aku biasa nulis tentang perjalanan, maka pemilihan foto cukup penting. Malah kadang harus kejam ketika terlalu banyak foto yang ingin dimasukkan haha. Jadi, benar-benar harus memiliah mana yang menarik dan dapat mewakili isi ceritanya.

  6. Keenam tips tadi memang bener banget. Dulu waktu aku masih aktif ngeblog, semuanya aku lakukan. Tapi akhir-akhir ini aku sudah jarang ngeblog. Karena dulu mata pencarian utamanya dari ngeblog. Kalau sekarang prioritasnya sudah beda, jadi blog bener-bener cuma sebagai sarana curhat saja.

  7. Sangat bermanfaat tips-nya dan mudah untuk diaplikasikan. saya sepakat pertama penting menentukan fokus blog, setelah itu bikin rencana. Nah persoalan estetika atau tampilan blognya, silakan diatur tergantung template blognya.

  8. Wahaha aku tersinggung nih, udah bikin blog baru sejak tahun lalu tp blm banyak diisi nih. Moga aja abis lahiran bisa ngoprek blognya nih. Thanks mba yun utk tipsnya

  9. Huhuhu, setengah teratas sedang ndak dilakukan nih. Semangat nulisnya sedang pindah ke lapak sebelah.

    Jadi ngerasa dipecut, buat lebih perhatian ke blog sendiri

  10. Menulis blog itu adalah aktivitas meyenangkan yang bila dikerjakan setiap hari, kemampuannya akan semakin menambah. Lalu ditambah aktivitas blogwalking dan meninggalkan jejak di blog sahabat blogger lain, akan semakin memperkaya diri dengan mengenal karakter sahabat blogger lain. Kalau baik, bisa banget di ATM alias Amati, Tiru dan Modifikasi.

    Semoga menulis blog yang dari hati akan sampai ke hati juga.

  11. Dari semua list yang paling peer itu bagiku ialah konsisten Mbak. Karena aku suka menulis sesuai keinginan atau permintaan saja, kalau lagi ikut tantangan bisa mengikutinya akan sangat bersyukur sekali, hehe

  12. Awal-awal jadi blogger, meski sempat mengikuti beberapa kali pelatihan, masalah yang sering saya hadapi adalah menentukan niche. Pengennya sih semua ditulis. Tapi ternyata menentukan niche cukup banyak berpengaruh pada kualitas/isi blog kita. Alhamdulillah, seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya bisa memutuskan niche apa yang pas dengan gaya penulisan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.